Menu

Mode Gelap

News · 16 Agu 2023 01:12 WITA ·

Antusias Pelajar dan Mama-mama Papua Ikuti Lomba Kemerdekaan RI yang Digelar Kostrad

badge-check

Redaksi


 Antusias Pelajar dan Mama-mama Papua Ikuti Lomba Kemerdekaan RI yang Digelar Kostrad. Foto: Istimewa Perbesar

Antusias Pelajar dan Mama-mama Papua Ikuti Lomba Kemerdekaan RI yang Digelar Kostrad. Foto: Istimewa

Sebanyak 500 pelajar dan Mama-mama di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, antusias mengikuti acara lomba yang digelar Satgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad.

Acara lomba dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-78 RI itu berlangsung di Pos Komando Taktis (Kotis) Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Selasa, 15 Agustus 2023.

Pagi ini, dengan berbondong-bondong berjalan kaki para pelajar SD dan SMP didampingi oleh para dewan gurunya itu tampak semangat untuk menuju Pos Kotis. Di sana mereka akan mengikuti berbagai lomba.

“Hari ini sungguh luar biasa meriah. Antusias para pelajar di Distrik Kenyam dalam memeriahkan HUT ke-78 RI ini, sungguh luar biasa. Di luar dugaan kami, ada 500 pelajar pagi-pagi serbu pos. Mereka datang bersama para dewan gurunya,” kata Komandan Satuan Tugas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad, Letkol Inf Subandi, dalam keterangannya yang diterima media ini, Selasa, 15 Agustus 2023.

Lanjut Bang Alex, sapaan akrab Dansatgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad itu menyampaikan, bahwa hari ini Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad menggelar berbagai lomba untuk memeriahkan Kemerdekaan Republik Indonesia khususnya di Kenyam.

Kegiatan ini mengusung tema “Aku Cinta Indonesia” juga di kemas dengan kegiatan peduli Stunting, sebagai wujud kepedulian nyata Satgas Mobile Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad dalam menanamkan rasa nasionalisme dan semangat para pelajar dalam memaknai peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Anak-anak seolah menjiwai semangat para pejuang kemerdekaan, dengan kepala di ikat pita merah putih, membawa bendera merah putih, mereka berlomba untuk menjadi yang terbaik. Ini sebuah pemandangan yang luar biasa, bahwa mereka tunjukkan rasa nasionalisme dari semangat yang terpancar,” ujar Abituren Akmil 2004 itu.

Antusias Pelajar Papua Ikuti Lomba Kemerdekaan Indonesia yang Digelar Kostrad di Kenyam, Kabupaten Nduga. Foto: Istimewa

Kamelia Degei, salah satu guru pendamping pelajar di Kenyam itu, mengaku terharu dan senang atas kegiatan yang dibuat oleh Satgas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad.

“Hari ini kami semua bersuka cita, sangat gembira dan meriah, acara seperti ini yang selalu ditunggu oleh anak-anak sekolah, luar biasa sekali,” ucapnya.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kaskogabwilhan III, Marsekal Muda TNI Dr. Budhi Achmadi, M.Sc, beserta rombongan yang sedang melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Distrik Kenyam. Budhi Achmadi berkesempatan menyapa langsung anak-anak sekolah sambil mengucapkan selamat berlomba.

Sementara itu, Pj Bupati Nduga Edison Gwijangge beserta istri yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut, mengungkapkan rasa senang dengan melihat antusias ratusan pelajar datang mengikuti acara yang di gelar Satgas Mobile Yonif MR 411 Kostrad hari ini di Distrik Kenyam.

Dalam acara tersebut, Pj Bupati Edison memberikan secara simbolis paket bantuan makanan tambahan bergizi untuk anak-anak dan pelajar yang hadir dalam kegiatan itu.

Acara Peduli Stunting dan semarak menyambut HUT ke-78 Republik Indonesia yang digelar Ksatria Pandawa Kostrad itu berlangsung aman.

Meskipun di gelar di tengah berbagai ancaman yang dilontarkan oleh Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) untuk mengganggu semarak perayaan HUT ke-78 RI, tak sedikitpun menyurutkan niat para Ksatria Pandawa Kostrad untuk menggelorakan semangat kemerdekaan dari daerah di ujung Timur Indonesia itu. ** (AR)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News