Menu

Mode Gelap

Bisnis · 4 Okt 2023 17:14 WITA ·

Wapres Ma’ruf Amin Dukung Sulteng Jadi Pusat KPN

badge-check

Redaksi


 Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. Foto: Istimewa Perbesar

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. Foto: Istimewa

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendukung Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) sebagai salah satu pusat kawasan pangan nasional (KPN) di Indonesia.

“Saya yakin ke depan daerah ini akan berkembang jadi pusat Kawasan Pangan Nasional kita yang kita siapkan pada masa mendatang. Pemerintah mendukung upaya ini,” ungkap Wapres Ma’ruf Amin saat meresmikan KPN di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Rabu, 4 Oktober 2023.

Wapres Ma’ruf Amin menyoroti pentingnya masalah pangan yang dianggap sebagai masalah besar. Upaya mengatasi masalah pangan ini bertujuan untuk mengantisipasi dampak negatifnya pada bangsa dan negara. Sulawesi Tengah, menurutnya, memiliki potensi besar dalam pengembangan dan budidaya pangan di wilayahnya.

“Sulawesi Tengah punya delapan tambang, selain nikel, ada emas. Dan Sulawesi Tengah punya potensi tanah yang cukup luas yang bisa ditanami berbagai durian. Ternyata durian montong itu dari sini asalnya dan dikembangkan di Thailand,” ungkap Wapres.

Meskipun cukup terkejut, ia menyatakan kebanggaannya dan berharap ada pengembangan industri pangan pada jenis makanan yang lainnya di daerah tersebut.

“Kebutuhan IKN yang diperkirakan nanti akan berkembang akan membutuhkan suplai pangan tertentu, yang paling dekat dari sini, dari Donggala ini,” katanya.

Wapres Ma’ruf Amin juga mengingatkan akan pentingnya sikap antisipatif dalam menghadapi krisis global dan kepindahan ke IKN, sehingga diperlukan persiapan yang matang dan sedini mungkin.

Diketahui, Wapres Ma’ruf Amin bersama istri tiba di Sulawesi Tengah, pada Selasa 4 Oktober 2023. Dalam kunjungan kerjanya tersebut, ia didampingi oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, dan Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi. *(Tim)

Follow Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News