Menu

Mode Gelap

News · 26 Des 2023 18:18 WITA ·

Polisi Periksa 14 Saksi Kasus Ledakan di PT ITSS

badge-check

Redaksi


 Kondisi terkini di PT ITSS kawasan PT IMIP Morowali, Selasa, 26 Desember 2023. Foto: Istimewa Perbesar

Kondisi terkini di PT ITSS kawasan PT IMIP Morowali, Selasa, 26 Desember 2023. Foto: Istimewa

Polisi telah memeriksa 14 saksi terkait insiden ledakan tungku smelter PT ITSS (Indonesia Tsingshan Stainless Steel) di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, yang terjadi pada 24 Desember 2023. Akibat tragedi tersebut, 18 pekerja dinyatakan meninggal dunia. Sementara puluhan lainnya sedang dalam perawatan intensif.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polisi Daerah Sulawesi Tengah, Komisaris Besar Polisi Djoko Wienartono, menyatakan bahwa proses penyidikan saat ini masih berlangsung.

“Untuk saksi yang diperiksa ada 14 orang sampai dengan saat ini,” ujarnya, dalam keterangan pers di Markas Polisi Daerah Sulawesi Tengah, Selasa sore, 26 Desember 2023.

Djoko menegaskan bahwa saksi yang diperiksa berasal dari internal karyawan PT IMIP. Sementara, penyelidikan kasus ini masih berlanjut untuk mengidentifikasi penyebab dari ledakan di tungku PT ITSS tersebut.

Baca Juga: Kronologi Tragis Ledakan di PT ITSS Morowali

“Tim investigasi, yang melibatkan beberapa lembaga seperti DVI, Inafis, Puslabfor Makassar, dan Jibom, sedang melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian untuk mencari bukti adanya bahan peledak atau zat mudah meledak,” katanya.

Di sisi lain, lanjutnya, tim KBR Brimob juga aktif mendeteksi kemungkinan adanya bahan kimia berbahaya di area kejadian. Namun, Djoko menegaskan bahwa hingga saat ini, tidak ditemukan tanda-tanda bahan peledak atau kimia berbahaya di tempat kejadian perkara (TKP).

“Sampai dengan saat ini untuk bahan peledak, dan kimia berbahaya tidak terdapat di TKP,” ujarnya.

Proses olah TKP hingga saat ini masih terus berlangsung. Sebagai langkah lanjutan, Polda telah menambah personel penyidik di Polres Morowali dengan harapan dapat mempercepat proses pengungkapan penyebab insiden tersebut, kata Kabid Humas Polda Sulteng. *(SR)

Follow Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 51 kali

Baca Lainnya

Pemda Parigi Moutong Dapat Suntikan Dana Rp 24,3 Miliar dari Gubernur Rusdy Mastura

16 Juni 2024 - 12:58 WITA

Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut dan diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo.

Kota Palu Raih Penghargaan TPID Kabupaten/Kota Berkinerja Terbaik di Sulawesi

15 Juni 2024 - 10:45 WITA

Satgas Tangkap 9 Juru Parkir Liar di Palu

14 Juni 2024 - 09:42 WITA

Kota Palu Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk ke-10 Kalinya

27 Mei 2024 - 21:44 WITA

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

Trending di News