Menu

Mode Gelap

News · 14 Mar 2023 16:17 WITA ·

Di Depan Para Siswa, Kaban Kesbangpol Ingatkan Jauhi Narkoba

badge-check

Redaksi


 Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu, Ansyar Sutiadi menjadi pembina upacara Pelantikan Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkoba SMP/MTs se-Kota Palu. Foto : Humas Pemkot Palu Perbesar

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu, Ansyar Sutiadi menjadi pembina upacara Pelantikan Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkoba SMP/MTs se-Kota Palu. Foto : Humas Pemkot Palu

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu, Ansyar Sutiadi menjadi pembina upacara Pelantikan Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkoba SMP/MTs se-Kota Palu di Gor Bela Diri Madani, Kota Palu, Selasa 14 Maret 2023.

Ansyar Sutiadi mengatakan, merasa terharu dirinya bisa kembali bertemu dengan para kepala sekolah dan guru tingkat SMP/MTs sederajat setelah ia tidak menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu.

Ansyar Sutiadi menambahkan, beberapa tahun lalu di SMP Negeri 5 Kelurahan Tavanjuka juga dilaksanakan kegiatan serupa yakni pelantikan Satgas Anti Narkoba

“Alhamdulillah ini kita ulangi, sebagai komitmen kita untuk memerangi Narkotika di Kota Palu,” kata Ansyar Sutiadi.

Ansyar Sutiadi menyebut, berdasarkan data dan fakta dari BNN, Provinsi Sulawesi Tengah ada diurutan keempat pravelensi angka keterpaparan pengguna Narkotika di Indonesia.

Menurutnya ini merupakan hal yang tidak baik-baik saja, sehingga perlu dilakukan upaya untuk menurunkan angka pengguna Narkotika di Provinsi Sulawesi Tengah khususnya di Kota Palu.

“Seandainya kalau kita dibilang Pendapatan Asli Daerahnya paling tinggi keempat, itu Alhamdulillah. Tapi data dan fakta dari BNN RI, Provinsi Sulawesi Tengah berada pada urutan keempat,” ungkap Ansyar Sutiadi.

Di sisi lain, lanjutnya data dan fakta mengungkapkan Kota Palu berada pada urutan pertama tertinggi dari 13 kabupaten/kota untuk angka pravelensi keterpaparan penggunaan Narkotika.

Ia menjelaskan dari urutan ini berdasarkan deteksi dini dari BNN Kota Palu, peserta didik sudah menggunakan Narkotika dari beberapa jenis baik dari sabu-sabu, ekstasi, dan lainnya, termasuk lem fox.

“Ini menjadi tantangan bagi kita semua, sehingga BNN bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palu melaksanakan pelantikan Satgas Anti Narkotika untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas kita dalam memerangi Narkotika di lingkungan sekolah dan dimanapun berada,” ujarnya.

Ansyar Sutiadi yang juga selaku Ketua Pelaksana Harian Pokja P4GN Kota Palu berharap,  agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan maupun Kantor Kementerian Agama Kota Palu dapat memastikan ketersediaan sumber daya untuk mendukung program dan kegiatan yang dilaksanakan hari ini.

Baik berupa Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sumber daya anggaran, sehingga dengan dukungan tersebut Pelantikan Satgas Anti Narkoba yang dilaksanakan tidak hanya menjadi kegiatan seremonial semata, namun dibarengi dengan langkah-langkah tindak lanjut di level sekolah.

Selain itu, Ia juga meminta kepada para kepala sekolah agar memastikan dalam bantuan operasional sekolah terdapat anggaran yang mendukung peningkatan SDM tadi.

“Kita sesuaikan dengan kemampuan anggaran kita masing-masing,” kata Ansyar Sutiadi.

Ansyar Sutiadi menyatakan dirinya bersama Kepala BNN Kota Palu sudah berkomitmen, ketika diundang untuk hadir bersama para kepala sekolah dan Satgas, maka dirinya bersama Kepala BNN Kota Palu akan hadir secara sukarela.

“Tidak usah pikir ada kuenya. Bila perlu kami bawa kue dari kantor masing-masing. Jadi jangan ragu-ragu,” ungkapnya.

Ia mengibaratkan melawan Narkoba ini seperti Tim Sepakbola Indonesia melawan Argentina, sehingga dipastikan Tim Sepakbola Argentina yang akan menang.

“Namun kalau kita berupaya sekuat tenaga, InsyaAllah akan ada jalannya. Karena bandar hingga kurir Narkoba hari ini cari jalan bermacam-macam,” lanjutnya.

Ansyar Sutiadi meminta para guru dan kepala sekolah yang masuk dalam Satgas Anti Narkoba untuk melakukan langkah-langkah setiap harinya guna memastikan para peserta didik tidak terpapar dengan Narkoba.

“Tugas ini berat, tetapi kalau kita mau untuk melaksanakannya InsyaAllah ini bisa kita laksanakan. Terkhusus kepada anak-anakku, kalau ada temannya yang menggunakan Narkotika agar disampaikan kepada guru. Kalau ada temannya yang gunakan lem fox, tolong dinasehati. Jangan sampai salah pergaulan,” imbuhnya.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Kota Palu Raih Adipura, Hadianto Rasyid: Ini Bukti Kerja Keras dan Komitmen Bersama

4 Maret 2024 - 09:04 WITA

50 Peserta Ikuti Tournament Body Contest 2024 di Parigi Moutong

3 Maret 2024 - 17:05 WITA

Wakili Bupati Parimo, Adrudin Nur Hadiri HUT ke-129 Kota Poso

3 Maret 2024 - 15:31 WITA

Kabar Baik! Kota Palu Raih Adipura untuk Kebersihan dan Pengelolaan Lingkungan

2 Maret 2024 - 23:00 WITA

TPA Poi Panda Kelurahan Kawatuna. Foto: Istimewa

Kota Palu Raih Peringkat 9 dalam Kompetisi Skill Petugas Damkar Tingkat Nasional

1 Maret 2024 - 21:27 WITA

Kelompok Remaja Serang Polisi di Palu, 1 Tewas

1 Maret 2024 - 13:28 WITA

Trending di News