Menu

Mode Gelap

News · 13 Apr 2023 17:49 WITA ·

Basarnas Turunkan 87 Personel Siaga Idul Fitri 2023

badge-check

Redaksi


 Personil Basarnas Palu gelar apel persiapan siaga SAR lebaran idul fitri. Foto: Basarnas Palu Perbesar

Personil Basarnas Palu gelar apel persiapan siaga SAR lebaran idul fitri. Foto: Basarnas Palu

87 personel Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu mengikuti apel pembukaan siaga lebaran bertempat di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, pada Kamis siang, 13 April 2023.

Apel siaga khusus dilaksanakan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya menjelang hari raya Idul Fitri, yaitu untuk mengantisipasi terjadinya kondisi kedaruratan selama masa angkutan lebaran.

Andrias Hendrik Johannes selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu mengatakan, Siaga SAR Khusus dilaksanakan selama 20 hari, dimulai dari tanggal 13 April sampai dengan 3 Mei 2023.

Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada tanggal 19 sampai 21 April 2023, sedangkan puncak arus balik gelombang pertama diperkirakan pada tanggal 24 sampai 25 April 2023, dan gelombang kedua pada tanggal 30 April sampai 1 Mei 2023.

“Siaga SAR Khusus Lebaran merupakan agenda rutin yang kita laksanakan setiap tahun, namun demikian, tugas ini jangan hanya menjadi rutinitas yang monoton tetapi harus mampu menjawab potensi ancaman kedaruratan yang mungkin terjadi, terutama di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan, ruas jalan tol, dan lokasi-lokasi pariwisata yang menjadi titik kumpul masyarakat,” ungkap Andrias Hendrik Johannes.

Lanjut Andrias Hendrik Johannes mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan seluruh sumber daya, baik personil maupun sarana-prasarana agar siap operasi mengantisipasi terjadinya kondisi darurat selama masa Angkutan Lebaran sesuai dengan prinsip pelayanan quick response of SAR.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh personil Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu yang berjumlah 87 orang dilibatkan dalam kegiatan siaga SAR khusus baik personil yang berada di Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu maupun yang berada di Pos SAR dan unit Siaga SAR,” ungkapnya.

Sementara itu, alat SAR yang digunakan dalam siaga SAR khusus mencakup alut SAR secara keseluruhan seperti kendaraan roda empat, kendaraan roda dua, Rigid Implatable Boat (RIB) dan KN.

SAR Bhisma yang saat ini bersandar di pelabuhan Luwuk dan akan mengcover wilayah Luwuk dan sekitarnya.

“Saya harapkan kepada masyarakat untuk menyimpan nomor emergency call 115 Basarnas di ponsel untuk mengantisipasi agar saat membutuhkan layanan SAR agar menghubungi nomor tersebut dimana emergency call 115 merupakan layanan bebas pulsa,” sambung Andrias Hendrik Johannes

Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Kota Palu Raih Adipura, Hadianto Rasyid: Ini Bukti Kerja Keras dan Komitmen Bersama

4 Maret 2024 - 09:04 WITA

50 Peserta Ikuti Tournament Body Contest 2024 di Parigi Moutong

3 Maret 2024 - 17:05 WITA

Wakili Bupati Parimo, Adrudin Nur Hadiri HUT ke-129 Kota Poso

3 Maret 2024 - 15:31 WITA

Kabar Baik! Kota Palu Raih Adipura untuk Kebersihan dan Pengelolaan Lingkungan

2 Maret 2024 - 23:00 WITA

TPA Poi Panda Kelurahan Kawatuna. Foto: Istimewa

Kota Palu Raih Peringkat 9 dalam Kompetisi Skill Petugas Damkar Tingkat Nasional

1 Maret 2024 - 21:27 WITA

Kelompok Remaja Serang Polisi di Palu, 1 Tewas

1 Maret 2024 - 13:28 WITA

Trending di News