Menu

Mode Gelap

News · 16 Sep 2023 19:02 WITA ·

Revolusi Bersih, Bahodopi Melangkah Menuju TPST

badge-check

Redaksi


 Revolusi Bersih, Bahodopi Melangkah Menuju TPST. Foto: Istimewa Perbesar

Revolusi Bersih, Bahodopi Melangkah Menuju TPST. Foto: Istimewa

Masalah tumpukan sampah yang telah lama menghantui Kecamatan Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah, akan segera mendapatkan solusi. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Morowali, Elita Gawi, mengumumkan bahwa pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) akan dimulai tahun depan di Bahodopi.

Kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Morowali, Kecamatan Bahodopi, dan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) telah merencanakan TPST seluas 20 hektare untuk mengatasi masalah sampah yang terus meningkat. Kondisi tumpukan sampah tidak hanya mengganggu pengguna jalan, tetapi juga menyebabkan bau tak sedap dan potensi banjir akibat penyumbatan saluran air.

Menurut Elita Gawi, TPST ini akan menjadi langkah penting dalam mengubah perilaku masyarakat sekitar terkait pengelolaan sampah.

“Mulai sekarang, warga harus bisa mengelola sampahnya sendiri,” ujarnya.

Revolusi Bersih, Bahodopi Melangkah Menuju TPST.
Revolusi Bersih, Bahodopi Melangkah Menuju TPST. Foto: Istimewa

Camat Bahodopi, Tahir, menggarisbawahi bahwa meskipun sarana dan prasarana persampahan terbatas, semua pihak harus bersama-sama bertanggung jawab atas masalah sampah di wilayah ini. Pembangunan TPST ini diharapkan menjadi langkah jangka panjang untuk mengatasi permasalahan sampah.

Koordinator Community Relations PT IMIP, Thomas Deni Bintoro, juga menegaskan komitmen perusahaan dalam menjaga lingkungan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

“Kita berharap, apa yang kita lakukan bisa memberikan energi positif pada masyarakat untuk ikut ambil bagian menciptakan lingkungan yang lebih baik lagi,” ucapnya.

Dalam aksi World Clean Up Day (WCD) 2023 yang digelar di Kecamatan Bahodopi, berbagai pihak termasuk Pemerhati Lingkungan Bahodopi (PLB), PT IMIP, DLH Morowali, TNI, Polri, serta ratusan volunteer berpartisipasi dalam membersihkan lingkungan dan memberikan edukasi tentang pemilahan sampah organik dan anorganik. Upaya ini menjadi langkah positif dalam menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat seputar pengelolaan sampah.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

YPKN Sosialisasikan Bahaya Kanker dan Tumor di Parigi Moutong

26 Februari 2024 - 20:19 WITA

Ratusan Mahasiswa Untad Palu Geluti Studi Independen Kelurahan Cantik

26 Februari 2024 - 19:42 WITA

Cek Fakta: Salah, Video Ribuan TKA China di Morowali

26 Februari 2024 - 19:06 WITA

Waspada Video dengan Klaim Pemilih Siluman

26 Februari 2024 - 18:44 WITA

Waspada, Video Hoaks Pengungsi Rohingya Beredar Selama Tahapan Pemilu 2024

25 Februari 2024 - 18:26 WITA

Rangking Satu HPSN 2024 Resmi Digelar di Palu

24 Februari 2024 - 17:32 WITA

Trending di News