Menu

Mode Gelap

News · 7 Nov 2023 20:39 WITA ·

Pj Bupati Richard Dorong Partisipasi Masyarakat di Program IKD

badge-check

Redaksi


 Pj Bupati Richard Dorong Partisipasi Masyarakat di Program IKD. Foto: Diskominfo Parimo Perbesar

Pj Bupati Richard Dorong Partisipasi Masyarakat di Program IKD. Foto: Diskominfo Parimo

Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong (Parimo), Richard Arnaldo, memberikan dukungan penuh terhadap Inovasi Kependudukan Digital (IKD) yang diadakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Parimo.

Pada Selasa, 07 November 2023, Pj Bupati Richard secara mandiri mendaftar dalam program pendataan identitas kependudukan digital yang dilaksanakan di kantor bupati Parimo.

Program ini merupakan langkah strategis Pemerintah dalam mewujudkan layanan dokumen dan administrasi kependudukan digital yang dapat diakses melalui aplikasi di smartphone. IKD atau digital ID diharapkan menjadi solusi atas kendala penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang selama ini banyak dikeluhkan masyarakat.

Dalam keterangannya, Richard Arnaldo menyampaikan bahwa terobosan ini merupakan langkah maju dari Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri. Kendala seperti anggaran besar untuk blangko KTP-el, alat printer, ribbon, cleaning kit, serta permasalahan jaringan dan akses internet di daerah diatasi dengan mendigitalisasi pelayanan administrasi kependudukan.

Richard juga menekankan pentingnya sosialisasi kepada masyarakat tentang kemudahan dalam pelayanan birokrasi di era digital ini. Data Dukcapil diharapkan tidak hanya menjadi dasar penerbitan KTP-el tetapi juga menjadi basis data untuk berbagai layanan publik.

“Dengan adanya digitalisasi ini, kita bisa memanfaatkan data Dukcapil sebagai sistem pemerintahan berbasis elektronik. Integrasi data ini sangat diperlukan, terutama mengingat jumlah penduduk dan luas geografis Parimo yang cukup besar,” ujar Richard.

Richard Arnaldo juga mengajak seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, dan Kepala Desa untuk mendukung penuh program ini. Dia berharap agar akses pelayanan digitalisasi dapat diberikan seoptimal mungkin kepada masyarakat.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam program ini guna membantu pemerintah mencapai sistem informasi dan ketersediaan data kependudukan yang terintegrasi dengan program-program strategis pemerintah pusat maupun daerah,” tambah Pj Bupati Richard.

Dia juga memberikan pesan kepada pimpinan wilayah kecamatan dan desa untuk berkoordinasi dengan Dukcapil dalam menjadwalkan pelaksanaan program ini hingga ke tingkat masyarakat. *(Adv)

Follow Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Waspada, Video Hoaks Pengungsi Rohingya Beredar Selama Tahapan Pemilu 2024

25 Februari 2024 - 18:26 WITA

Rangking Satu HPSN 2024 Resmi Digelar di Palu

24 Februari 2024 - 17:32 WITA

Kenali Model dan Alat Mendeteksi Rekaman Suara AI

23 Februari 2024 - 23:02 WITA

Pemkot Palu: Pajak 10 Persen untuk Kepentingan Rakyat

21 Februari 2024 - 23:06 WITA

pajak daerah

AMSI Harapkan Perpres Publishers Rights Dorong Ekosistem Bisnis Media Jadi Lebih Baik

21 Februari 2024 - 12:14 WITA

Pemkot Palu Target PAD 2024 sebesar Rp 1,6 Triliun

20 Februari 2024 - 22:40 WITA

Trending di Bisnis