Menu

Mode Gelap

News · 29 Mar 2023 21:27 WITA ·

Pendiri Alkhairaat Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri Kembali Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

badge-check

Redaksi


 Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri atau dikenal sebagai guru tua. Foto: Alkhairaat Perbesar

Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri atau dikenal sebagai guru tua. Foto: Alkhairaat

Sosok Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri atau dikenal sebagai guru tua kembali di usulkan menjadi pahlawan nasional oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemkot Palu.

Pengusulan Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri ini bukan tanpa alasan, Ia dikenal sebagai tokoh pejuang di Provinsi Sulawesi Tengah dalam bidang pendidikan agama.

Hal itu dibuktikan dengan terbentuknya sekolah di berbagai jenis dan tingkatan di Sulawesi Tengah yang dinaungi organisasi Alkhairaat, dan terus berkembang di kawasan timur Indonesia.

Atas dasar itulah, Pemkot Palu melalui Sekretaris Daerah Kota Palu Irmayanti Pettalolo menyerahkan dokumen pengusulan Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri sebagai pahlawan nasional kepada Direktorat Pemberdayaan Sosial di Kementerian Sosial.

Bertempat di Gedung Kementerian Sosial jalan Salemba, Rabu 29 Maret 2023.

“Penganugerahan Sayyid Idrus Bin Salim Al jufri atau yang dikenal Guru Tua sebagai¬† Pahlawan Nasional adalah menjadi harapan bagi masyarakat Kota Palu karena jasa-jasa Guru Tua di bidang pendidikan dan dakwah. Sehingga dapat dirasakan dampaknya oleh Masyarakat Kota Palu sampai saat ini,” ungkap Irmayanti Pettalolo.

Irmayanti Pettalolo menambahkan, besar harapannya Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri dapat dinobatkan sebagai salah satu pahlawan nasional.

Sementara itu, Direktur Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Sosial Arif Nahari mengatakan, bahwa dokumen pengusulan Sayyid Idrus Bin Salim Al jufri akan diteliti secara teknis dan selanjutnya akan disampaikan kepada Tim Peneliti dan Penggaji Gelar Pusat (TP2GP).

“Dokumen pengusulan calon Pahlawan Nasional Almarhum Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri akan kami teliti kembali secara teknis, namun pada prinsipnya telah lengkap dan akan diajukan ke TP2GP untuk dibahas sebagai Pahlawan Nasional,” ujar Arif Nahari.

Sebelumnya pada tahun 2022 kemarin, sidang pembahasan Tim Peneliti dan Pengkaji gelar sempat tertunda untuk dibahas, olehnya itu usulan calon Pahlawan Nasional Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri baru dapat diusulkan kembali berdasarkan surat dari Kementerian Sosial tertanggal Januari 2023.

Hadir bersama pada penyerahan dokumen pengusulan Sayyid Idrus Bin Salim Al jufri sebagai calon Pahlawan Nasional antara lain Sekretaris Kota Palu, Kepala Dinas Sosial Kota Palu, Perwakilan dari Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah.

Artikel ini telah dibaca 36 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News