Menu

Mode Gelap

News · 18 Nov 2021 10:55 WITA ·

Palu Rawan Bencana, Hadianto Beri Pertimbangan Agar Bambu Dioptimalkan

badge-check

Redaksi


 Palu Rawan Bencana, Hadianto Beri Pertimbangan Agar Bambu Dioptimalkan Perbesar

Kota Palu memiliki karakter wilayah yang rentan dan rawan terhadap bencana khususnya gempa, mendorong orang tua dulu memanfaatkan bambu menjadi bagian dari hidupnya khususnya dalam membangun rumah dari bambu.

“Filosofi-filosofi dari orang tua kita tidak terlepas dari bambu. Bagaimana rumah dibangun dengan bambu, karena bambu memiliki ketahanan yang luar biasa,” kata Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid saat membuka sosialisasi tentang manfaat pohon bambu dan manajemen pengelolaan sampah berbasis masyarakat, Rabu (17/11) di ruang pertemuan Taipa Beach Kota Palu.

Kegiatan ini menghadirkan langsung perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup RI dan Ketua Yayasan Bambu Indonesia, Jatnika Nagamiharja yang telah memiliki pengalaman luar biasa dalam pemanfaatan pohon bambu.

Wali Kota Palu menambahkan, hanya saja seiring waktu pemahaman dan pengetahuan masyarakat saat ini terkait dengan bambu semakin berkurang, sehingga bambu yang tadinya dijadikan salah satu pilihan masyarakat jaman dulu, kini tidak lagi dimanfaatkan.

Menurutnya berdasarkan informasi yang diperoleh, bambu dapat bertahan sebagai bahan bangunan sampai dengan 30 tahun. Bahkan, bambu juga mampu menjadi tumbuhan yang menyerap air dan menghasilkan oksigen yang sangat besar.

“Bambu memang luar biasa,” kata Wali Kota Palu.

Wali Kota dalam kesempatan ini mengungkapkan rasa syukurnya bisa dipertemukan dengan Ketua Yayasan Bambu Indonesia yang akrab disapa Abah Bambu untuk berbagai pengetahuan tentang manfaat besar dari pohon bambu.

“Saya pribadi sangat bersyukur karena kegiatan ini dapat dilaksanakan oleh kita, apalagi dihadiri langsung oleh Abah,” ucapnya.

Selain itu, Wali Kota Palu juga menekankan kepada seluruh lurah dan camat se-Kota Palu untuk bersama-sama mendorong perbaikan manajemen persampahan di Kota Palu agar setiap kerja dari Pemerintah Kota Palu menghasilkan sesuatu dampak perubahan.

“Dan semakin memberikan energi positif yang begitu besar dalam upaya-upaya kita menggiring kota kita ini menjadi kota yang lebih baik, lebih bersih, lebih tertib buat kita semua,” imbuhnya.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Kota Palu Raih Adipura, Hadianto Rasyid: Ini Bukti Kerja Keras dan Komitmen Bersama

4 Maret 2024 - 09:04 WITA

50 Peserta Ikuti Tournament Body Contest 2024 di Parigi Moutong

3 Maret 2024 - 17:05 WITA

Wakili Bupati Parimo, Adrudin Nur Hadiri HUT ke-129 Kota Poso

3 Maret 2024 - 15:31 WITA

Kabar Baik! Kota Palu Raih Adipura untuk Kebersihan dan Pengelolaan Lingkungan

2 Maret 2024 - 23:00 WITA

TPA Poi Panda Kelurahan Kawatuna. Foto: Istimewa

Kota Palu Raih Peringkat 9 dalam Kompetisi Skill Petugas Damkar Tingkat Nasional

1 Maret 2024 - 21:27 WITA

Kelompok Remaja Serang Polisi di Palu, 1 Tewas

1 Maret 2024 - 13:28 WITA

Trending di News