Menu

Mode Gelap

Bisnis · 27 Mei 2024 21:44 WITA ·

Kota Palu Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk ke-10 Kalinya

badge-check

Redaksi


 Oplus_131072 Perbesar

Oplus_131072

Pemerintah Kota Palu kembali meraih prestasi dengan mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun anggaran 2023 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah. Penghargaan ini diserahkan pada Senin, 27 Mei 2024, di Gedung Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan tersebut diterima langsung oleh Walikota Palu, Hadianto Rasyid, bersama Ketua DPRD Kota Palu, Armin Soputra.

Penyerahan dilakukan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah, Binsar Karyanto, disaksikan oleh para bupati dan pejabat se-Sulawesi Tengah. Turut hadir mendampingi Wali Kota Palu, Sekda Kota Palu Irmayanti, dan Kepala BPKAD Kota Palu Romy Shandi Agung.

Dalam sambutannya, Wali Kota Palu menyatakan bahwa pemeriksaan atas laporan keuangan ini memberikan dampak positif terhadap tata kelola keuangan daerah.

“Kami menyadari bahwa akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan merupakan wujud pertanggungjawaban atas kinerja pemerintahan,” ujar Hadianto.

Hadianto menekankan pentingnya pengelolaan keuangan yang tertib, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab.

Hadianto juga mengapresiasi nilai-nilai integritas, independensi, dan profesionalisme BPK yang telah berperan sebagai mitra strategis dalam membangun pengelolaan keuangan di daerah.

Wali Kota Palu juga menyampaikan terima kasih kepada BPK RI atas rekomendasi yang diberikan terkait pengelolaan keuangan dan aset daerah.

“Kami menerima hasil pemeriksaan ini sebagai bahan introspeksi untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan pendapatan, belanja, dan pembiayaan daerah,” tambahnya.

Sebagian besar rekomendasi yang disampaikan oleh BPK, seperti penyetoran atau pengembalian kelebihan pembayaran, telah diselesaikan sebelum pemeriksaan berakhir.

Hadianto juga menyampaikan apresiasi kepada Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah, Binsar Karyanto, dan seluruh pejabat pemeriksa atas kerja keras mereka.

“Arahan dan masukan selama pemeriksaan sangat berharga dan akan kami tindak lanjuti dengan baik,” tutupnya. *(Adv)

Artikel ini telah dibaca 30 kali

Baca Lainnya

Satgas Tangkap 9 Juru Parkir Liar di Palu

14 Juni 2024 - 09:42 WITA

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo
Trending di Bisnis