Menu

Mode Gelap

Bisnis · 19 Feb 2024 11:04 WITA ·

Koordinasi Virtual TPID Kota Palu: Antisipasi Inflasi Menuju Ramadhan

badge-check

Redaksi


 Koordinasi Virtual TPID Kota Palu: Antisipasi Inflasi Menuju Ramadhan Perbesar

Pemerintah Kota Palu, melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), kembali mengikuti Rapat Koordinasi rutin pengendalian inflasi daerah. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri RI secara virtual dan dihadiri oleh berbagai Kepala Daerah se-Indonesia, Senin, 19 Februari 2024.

Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palu, Rahmad Mustafa, turut serta dalam rapat tersebut mewakili wali kota. Acara dimulai dengan penyampaian oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri, Tomsi Tohir Balaw, yang membahas perdagangan terhadap pasokan pangan.

Rapat koordinasi ini menjadi perhatian khusus pemerintah menjelang bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi. Dalam arahannya, Tohir menyatakan bahwa pemerintah pusat akan terus melakukan pengecekan langsung di lapangan terkait ketersediaan dan stabilitas harga pangan.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa komponen harga pangan sering mengalami inflasi pada bulan Februari, seperti yang terjadi pada tahun 2020. Komoditas seperti beras, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, dan daging ayam ras menjadi penyebab utama inflasi pada bulan tersebut.

Secara umum, komoditas yang berkontribusi pada inflasi selama Februari tahun 2018-2023 adalah beras, bawang putih, cabai merah, bawang merah, cabai rawit, ikan segar, dan daging ayam ras.

Rapat ini juga mengungkapkan bahwa secara nasional, sebagian besar kabupaten/kota di Pulau Sumatera mengalami kenaikan Indeks Harga Pangan (IPH). Ogan Komering Ulu Selatan mencatatkan kenaikan tertinggi sebesar 4,28%. Komoditas seperti cabai merah, daging ayam ras, dan beras menjadi penyumbang terbesar kenaikan IPH di beberapa wilayah. *(Tim)

Follow Berita PaluPoso.id di Google News

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Sekot Irmayanti Tinjau Pasar Masomba Pasca-Kebakaran

20 April 2024 - 18:50 WITA

Sekot Palu Irmayanti Tinjau Pasar Masomba Pasca-Kebakaran

Pemkot Palu Raih Peringkat 1 dalam PPD Sulawesi Tengah 2024

18 April 2024 - 23:10 WITA

Wakil Wali Kota Palu, dr Reny Lamadjido menunjukkan trofi dan sertifikat penghargaan PPD Provinsi Sulawesi Tengah

Sekda Zulfinasran Pimpin Rapat Persiapan Launching Aplikasi Srikandi

18 April 2024 - 22:50 WITA

Sekda Zulfinasran Pimpin Rapat Persiapan Launching Aplikasi Srikandi

Damkar Palu Bantu Korban Banjir Bandang Sigi

18 April 2024 - 12:47 WITA

Lebaran Ketupat di Bantaya: Tradisi, Kolaborasi, dan Penggerak Ekonomi Lokal

17 April 2024 - 23:15 WITA

Perjalanan Inspiratif Gunawan dari Poso Menuju Australia

16 April 2024 - 15:03 WITA

Trending di News