Menu

Mode Gelap

Food & Travel · 8 Sep 2023 18:47 WITA ·

Festival Tangga Banggo: Perpaduan Budaya dan Ekonomi Lokal di Palu

badge-check

Redaksi


 Festival Tangga Banggo ke-4 di Kelurahan Siranindi, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, pada Jumat, 08 September 2023. Foto: Istimewa Perbesar

Festival Tangga Banggo ke-4 di Kelurahan Siranindi, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, pada Jumat, 08 September 2023. Foto: Istimewa

Kota Palu bergetar dalam kegembiraan saat Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, meresmikan Festival Tangga Banggo ke-4 di Kelurahan Siranindi, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, pada Jumat, 08 September 2023. 

Acara spektakuler ini dimulai dengan pemukulan Gimba yang dilakukan oleh Wakil Wali Kota Reny, yang didampingi oleh sejumlah pejabat terkemuka, pimpinan OPD, lurah, serta camat setempat.

Festival yang digelar oleh Forum Masyarakat Siranindi ini akan berlangsung pada 07-10 September 2023, dengan beragam acara yang menarik. 

Salah satunya adalah Parade Budaya yang meriah, Malam Budaya Jawa yang penuh warna, dan Malam Budaya Kaili yang memikat. Tidak ketinggalan, Lomba Busana Tradisional Kaili yang memukau, serta pameran kuliner tradisional yang memanjakan lidah.

Namun, lebih dari sekadar hiburan, Festival Tangga Banggo ini memiliki dampak sosial dan ekonomi yang signifikan. 

Melibatkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat, festival ini membantu masyarakat untuk meningkatkan perekonomian mereka.

Festival Tangga Banggo ke-4 di Kelurahan Siranindi, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, pada Jumat, 08 September 2023. Foto: Istimewa
Festival Tangga Banggo ke-4 di Kelurahan Siranindi, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, pada Jumat, 08 September 2023. Foto: Istimewa

Wakil Wali Kota Palu Reny tidak lupa mengucapkan apresiasi mendalam kepada lurah, camat, dan seluruh masyarakat Kelurahan Siranindi yang telah dengan teliti mempersiapkan acara luar biasa ini. 

Wakil Wali Kota Reny berkomitmen untuk terus mendukung Festival Tangga Banggo sebagai bagian dari upaya pelestarian budaya di Kota Palu.

“Sebagai wujud apresiasi, kita akan bangun tugu Tangga Banggo. Silahkan ajukan proposalnya,” kata mantan Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah.

Dengan hadirnya Tugu Tangga Banggo, Kelurahan Siranindi akan memiliki sebuah ikon baru yang memperkaya warisan budaya mereka.

Selain membuka Festival Tangga Banggo, Wakil Wali Kota Palu Reny juga melepas secara resmi Parade Budaya yang diikuti oleh sejumlah sekolah di sekitar Kelurahan Siranindi. 

Acara ini tidak hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga perpaduan yang indah antara budaya dan ekonomi lokal. Festival Tangga Banggo ke-4 diharapkan akan terus memancarkan pesonanya hingga tahun-tahun mendatang.

Artikel ini telah dibaca 32 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News