Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 31 Jan 2023 21:38 WITA ·

dr Reny Lamadjido Beri Pemahaman soal Kontrasepsi ke Istri Jaksa

badge-check

Redaksi


 Wakil Wali Kota Palu, dr Reny Lamadjido saat jadi narasumber di pertemuan rutin Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Sulawesi Tengah, di Kantor Kejati Sulteng, Selasa, 31 Januari 2023. Foto: Pemkot Palu Perbesar

Wakil Wali Kota Palu, dr Reny Lamadjido saat jadi narasumber di pertemuan rutin Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Sulawesi Tengah, di Kantor Kejati Sulteng, Selasa, 31 Januari 2023. Foto: Pemkot Palu

Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido menjadi narasumber dalam pertemuan rutin Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng), di Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah, Selasa, 31 Januari 2023.

Pada kesempatan tersebut, dr Reny menyampaikan materi yang berkaitan dengan metode dan alat kontrasepsi.

Dia menjelaskan, kontrasepsi terdiri dari dua kata, yaitu kontra yang berarti mencegah atau melawan, dan konsepsi adalah pertemuan antara sel telur yang matang dan sel sperma yang mengakibatkan kehamilan.

Menurutnya, pelayanan kontrasepsi adalah serangkaian kegiatan terkait dengan pemberian, pemasangan/pencabutan suatu metode kontrasepsi dan tindakan-tindakan lain dalam upaya mencegah kehamilan.

Lanjut Reny mengatakan ada beberapa metode dan alat kontrasepsi seperti AKDR, Implan, Tubektomi (MOW), Vasektomi (MOP), Pil, Suntikan, dan Kondom.

“Cara kerja kontrasepsi bermacam-macam, tapi umumnya berfungsi untuk mengusahakan agar tidak terjadi ovulasi, melumpuhkan sperma, dan menghalangi pertemuan sel telur dan sperma,” ujarnya.

Diketahui, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) adalah suatu ikatan istri pegawai kejaksaan, pegawai perempuan kejaksaan, istri pensiunan pegawai kejaksaan, pensiunan pegawai perempuan kejaksaan dan janda pegawai kejaksaan.

 

Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Pemda Parigi Moutong Dapat Suntikan Dana Rp 24,3 Miliar dari Gubernur Rusdy Mastura

16 Juni 2024 - 12:58 WITA

Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut dan diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo.

Kota Palu Raih Penghargaan TPID Kabupaten/Kota Berkinerja Terbaik di Sulawesi

15 Juni 2024 - 10:45 WITA

Satgas Tangkap 9 Juru Parkir Liar di Palu

14 Juni 2024 - 09:42 WITA

Kota Palu Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk ke-10 Kalinya

27 Mei 2024 - 21:44 WITA

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

Trending di News