Menu

Mode Gelap

News · 1 Jun 2024 14:06 WITA ·

Sekot Palu Serukan Implementasi Nilai Pancasila di Tengah Era Digital

badge-check

Redaksi


 Sekot Palu, Irmayanti Pettalolo Pimpin Upacara Hari Pancasila, Sabtu, 1 Juni 2024. Foto: Pemkot Palu Perbesar

Sekot Palu, Irmayanti Pettalolo Pimpin Upacara Hari Pancasila, Sabtu, 1 Juni 2024. Foto: Pemkot Palu

Sekretaris Kota (Sekot) Palu Irmayanti Pettalolo memimpin langsung jalannya Upacara Peringatan Hari Pancasila tingkat Kota Palu, pada Sabtu, 1 Juni 2024, di halaman Mapolresta Palu. Dalam upacara ini, Irmayanti mewakili Wali Kota Palu dan menyampaikan pidato tertulis dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI.

Dalam pidatonya, Irmayanti mengingatkan bahwa hari ini adalah momen penting memperingati Hari Lahir Pancasila.

“Hari ini merupakan momentum Hari Lahir Pancasila, di mana Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK),” ungkapnya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Menurut Irmayanti, tema ini menggambarkan Pancasila sebagai pemersatu bangsa dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam rangka menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,” ujarnya.

Irmayanti menekankan bahwa Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia. Dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada di Indonesia adalah berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Pada kesempatan ini, Kepala BPIP melalui Irmayanti mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” jelasnya.

Adv

Pancasila, lanjutnya, berperan sebagai bintang penuntun yang membawa Indonesia menuju gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi saat ini.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” tegas Irmayanti.

Irmayanti juga menyatakan bahwa perkembangan situasi global yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) untuk mengakses informasi harus dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Lebih lanjut, Irmayanti mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi,” katanya.

Keberhasilan Indonesia menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik di tengah krisis global, menurut Irmayanti, adalah hasil gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

“Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara,” tambahnya.

Di akhir pidatonya, Kepala BPIP melalui Irmayanti mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutupnya. *(Adv)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Taufan-Mugni Janji Sejahterakan Pewarta Foto jika Terpilih Ketua dan Sekretaris PFI Palu periode 2024-2027

19 Juli 2024 - 19:38 WITA

Taufan dan Mugni

Pemkot Palu Larang Peserta Didik Bawa Kendaraan ke Sekolah

18 Juli 2024 - 15:13 WITA

Siswa Mengendarai Sepeda Motor ke Sekolah

Akui Bersalah, Dirlantas Polda Sulteng Minta Maaf ke Jurnalis SCTV Palu

18 Juli 2024 - 13:33 WITA

Dirlantas Polda Sulteng Kombes Pol Dodi Darjanto menyampaikan permohonan maaf kepada Syamsuddin Tobone, Jurnalis SCTV Palu

Dirlantas Polda Sulteng Dikecam Diduga Lecehkan Wartawan SCTV Palu

18 Juli 2024 - 12:44 WITA

Jagokan Erwin Burase di Pilkada 2024, Ini Harapan Petani Parigi Moutong

17 Juli 2024 - 14:39 WITA

Jagokan Erwin Burase di Pilkada 2024, Ini Harapan Petani Parigi Moutong

Pertama di Sulteng, 24 Bus TransPalu Akan Beroperasi Oktober 2024

17 Juli 2024 - 11:12 WITA

Wali Kota Palu meninjau langsung progres pengerjaan Bus TransPalu di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa, 16 Juli 2024.
Trending di Bisnis