Menu

Mode Gelap

News · 23 Mei 2023 10:01 WITA ·

Palu Sport Event Resmi Diluncurkan Hadianto Rasyid

badge-check

Redaksi


 Wali Kota Palu Hadianto Rasyid meresmikan Palu Sport Event. Foto: Humas Pemkot Palu Perbesar

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid meresmikan Palu Sport Event. Foto: Humas Pemkot Palu

Pemerintah Kota Palu secara resmi melaunching event olahraga terakbar di Kota Palu yakni Palu Sport Event (PSE) tahun 2023 di halaman Kantor Wali Kota Palu, Senin 22 Mei 2023 malam.

Launching tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan langsung oleh Wali Kota Palu Hadianto Rasyid bersama Wakil Wali Kota Reny A Lamadjido, Ketua TP-PKK Kota Palu Diah Puspita, serta unsur Forkopimda lainnya.

PSE yang rencananya akan digelar akhir tahun ini akan memperlombakan enam Cabang Olahraga (Cabor), yakni Sepak Bola, Paralayang, Balap Sepeda, Marathon, Bola Voli, dan Bulu Tangkis.

“Masing-masing Cabor kita siapkan bonus senilai Rp1 miliar,” ucap Hadianto dalam sambutannya.

Hadianto menyebut, PSE merupakan upaya yang coba dibangun oleh Pemerintah untuk ‘menjual’ Kota Palu dalam perspektif berbeda.

Hal ini dikarenakan wisata atau pariwisata, tidak hanya identik dengan tempat-tempat yang disebut destinasi atau kunjungan wisata.

Menurut Hadianto, olahraga juga bisa menjadi salah satu tujuan daripada itu dan juga menjadi penggerak dari semua itu.

“Pemerintah Kota Palu berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, sehingga nantinya akan menghadirkan banyak peserta dan pengunjung ke kota ini untuk menikmati Palu Sport Event dan tentunya menikmati Palu dalam perspektif yang berbeda,” kata Hadianto.

Hadianto mengungkapkan, kegiatan PSE yang merupakan salah satu dari 53 program kerja Pemerintah Kota Palu ini sebenarnya mulai dilaksanakan di tahun 2022.

Namun dikarenakan kondisi Covid-19 saat itu dengan pengetatan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, sehingga baru bisa terlaksana di tahun 2023.

“Seharusnya kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun kemarin, tapi dikarenakan Covid-19, jadi pertimbangan kita tidak melaksanakannya di tahun 2022. Alhamdulillah di tahun 2023 ini pemerintah pusat telah melonggarkan kondisi status Covid-19, sehingga memungkinkan kita melangsungkan kegiatan-kegiatan yang bisa mengumpulkan masyarakat dalam jumlah yang cukup banyak,” jelasnya.

Hadianto juga mengatakan bahwa Pemerintah Kota Palu tahun ini akan membuat perencanaan pembangunan Stadion Indoor yang diharapkan, ini nanti akan menjadi venue yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan atau event olahraga, seperti Basket dan lainnya.

“InsyaAllah tahun ini perencanaannya kita buat, dan tahun 2024 nanti Pemerintah Kota Palu akan membangun itu. Sehingga diharapkan tahun 2024 nanti, kegiatan Palu Sport Event akan lebih banyak Cabor yang dipertandingkan,” katanya.

Hadianto berharap melalui kegiatan PSE tahun 2023, akan menjadi penyemangat jajaran Pemerintah Kota Palu maupun unsur Forkopimda Kota Palu untuk semakin menjaga kota ini.

Selain itu, untuk semakin bersama-sama membawa Kota Palu lebih maju lagi dan menjadi sesuatu yang membanggakan bagi pemerintah dan masyarakat Kota Palu seluruhnya.

Dalam kesempatan ini, Hadianto mengatakan bahwa beberapa pekan lalu, Pemerintah Pusat telah mengumumkan provinsi, kota, dan kabupaten terbaik se-Indonesia dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2023.

Beliau sangat bersyukur, akhirnya Kota Palu bisa mendapatkan prestasi sebagai Kota Terbaik II se-Indonesia dalam kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik tingkat Kota secara nasional.

“Tentunya pencapaian itu tidak lepas dari kerja keras semua yang mendampingi saya hari ini. Atas kerja-kerja yang luar biasa, sehingga Kota Palu meraih penghargaan terbaik II nasional,” kata Beliau.

Hadianto menyatakan, dari pencapaian yang telah diraih tersebut, Pemerintah Kota Palu menyadari bahwa semua itu tidak lepas dari peran serta dukungan dari masyarakat Kota Palu.

Sehingga melalui perubahan-perubahan yang ditunjukkan oleh masyarakat dalam kurun waktu dua tahun terakhir, sehingga pencapaian terbaik kedua, bisa dicapai oleh Kota Palu.

Oleh karena itu, jajaran Pemerintah Kota Palu menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Kota Palu atas kerjasama yang luar biasa yang sudah dilakukan.

“Pencapaian ini tidaklah mudah, akan tetapi yang menjadi tantangan yang lebih besar dan berat adalah bagaimana mempertahankan dan konsistensi dengan apa yang sudah kita lakukan hari ini. Perubahan-perubahan baik yang sudah kita bangun dan jalankan, bagaimana secara konsisten mampu kita jaga. Karena hanya dengan kerjasama kita semua, maka saya yakin pencapaian hari ini, InsyaAllah bisa kita jaga dan pertahankan, bahkan bisa kita tingkatkan,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Hadianto mengajak seluruh ASN Pemerintah Kota Palu untuk bersama-sama bekerja lebih baik lagi dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kota Palu.

Dalam Grand Launching PSE tahun 2023 ini, Wali Kota Hadianto berkesempatan memberikan bonus berupa uang tunai senilai puluhan juta kepada para atlet Kota Palu yang berhasil meraih prestasi di tingkat nasional maupun daerah.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Pemda Parigi Moutong Dapat Suntikan Dana Rp 24,3 Miliar dari Gubernur Rusdy Mastura

16 Juni 2024 - 12:58 WITA

Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut dan diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo.

Kota Palu Raih Penghargaan TPID Kabupaten/Kota Berkinerja Terbaik di Sulawesi

15 Juni 2024 - 10:45 WITA

Satgas Tangkap 9 Juru Parkir Liar di Palu

14 Juni 2024 - 09:42 WITA

Kota Palu Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk ke-10 Kalinya

27 Mei 2024 - 21:44 WITA

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

Trending di News