Menu

Mode Gelap

News · 13 Mar 2023 15:08 WITA ·

Legislator Sulteng Harapkan Peran Penting Perpustakaan Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

badge-check

Redaksi


 Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Alimuddin Paada menghadiri langsung pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan. Foto : Humas DPRD Sulteng Perbesar

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Alimuddin Paada menghadiri langsung pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan. Foto : Humas DPRD Sulteng

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Alimuddin Paada, sekaligus Ketua Pustakawan Sulteng menghadiri langsung pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan.

Kegiatan Bimtek tersebut digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulteng, Jl Banteng, Kelurahan Birobuli Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Jumat 3 Maret 2023.

Alimuddin Paada mengatakan, pada dasarnya perpustakaan yang baik dan ideal itu harus memiliki tiga standar tersendiri.

Pertama, perpustakaan ideal adalah  yang mampu memberdayakan masyarakat untuk melakukan aktivitas membaca, belajar seni budaya, dan meningkatkan ketrampilan di perpustakaan.

Kedua, perpustakaan ideal adalah yang menjadi pusat kegiatan masyarakat dan sering menjadi tujuan masyarakat dalam mengisi waktu luangnya.

Ketiga, perpustakaan ideal adalah  yang mampu melakukan pendekatan kepada masyarakat dalam meningkatkan potensi minat membaca sesuai dengan kegemaran, hobi, kesenangan, dan kebiasaan warga.

“Karena perpustakaan adalah merupakan wadah untuk pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ujar Alimuddin Paada.

Maka dalam pemenuhan hal-hal tersebut, Alimuddin Paada meminta agar perpustakaan harus mempunyai faktor pendukung yang menunjang seperti memilki pembangunan gedung yang memadai, memiliki tata tertib, lokasi yang strategis, kelengkapan saran dan prasarana.

Selain itu, perpustakaan juga harus memiliki kelengkapan koleksi yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka, memiliki prosedur dan mekanisme kerja yang baik, memiliki persedian dan penerapan teknologi yang memadai, dan memiliki standar pelayanan yang berkualitas.

 

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Waspada, Video Hoaks Pengungsi Rohingya Beredar Selama Tahapan Pemilu 2024

25 Februari 2024 - 18:26 WITA

Rangking Satu HPSN 2024 Resmi Digelar di Palu

24 Februari 2024 - 17:32 WITA

Kenali Model dan Alat Mendeteksi Rekaman Suara AI

23 Februari 2024 - 23:02 WITA

Pemkot Palu: Pajak 10 Persen untuk Kepentingan Rakyat

21 Februari 2024 - 23:06 WITA

pajak daerah

AMSI Harapkan Perpres Publishers Rights Dorong Ekosistem Bisnis Media Jadi Lebih Baik

21 Februari 2024 - 12:14 WITA

Pemkot Palu Target PAD 2024 sebesar Rp 1,6 Triliun

20 Februari 2024 - 22:40 WITA

Trending di Bisnis