Menu

Mode Gelap

News · 22 Des 2023 14:32 WITA ·

KPU Touna Latih Petugas Pemilu dalam Simulasi Cermat

badge-check

Redaksi


 KPU Touna Latih Petugas Pemilu dalam Simulasi Cermat Perbesar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tojo Una-una (Touna) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di Hotel Grand Pink Ampana, Jalanl Uentanaga Bawah, Kecamatan Ampana Kota, Jumat, 22 Desember 2023.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Touna, Nidau, menyampaikan bahwa tujuan dari simulasi tersebut adalah memberikan penguatan kepada petugas penyelenggara di lapangan terkait teknis pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat dinas dari KPU RI yang menginstruksikan seluruh satuan kerja baik di Provinsi maupun kabupaten untuk melakukan simulasi sebagai bagian dari tahapan pemilu, guna mencegah terjadinya kesalahan pada hari pemungutan suara,” ujarnya.

Nidau juga menyatakan bahwa simulasi hari ini merupakan simulasi pertama, namun memungkinkan dilakukannya simulasi tambahan saat pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menjelang tahun 2024.

Simulasi ini melibatkan PPK Sekabupaten Touna, TPS Kecamatan Ratulindo, Ampana Kota, dan Ampana Tete. Jumlah peserta dari masing-masing entitas adalah PPK Sekabupaten Touna sebanyak 60 orang, PPS Ratulindo 30 orang, PPS Kecamatan Ampana Kota 30 orang, serta Ampana Tete 42 orang.

“Harapan dari simulasi ini adalah agar para peserta dan badan ad hoc yang hadir dapat memahami dan menginterpretasikan tata cara perhitungan suara di TPS pada waktu yang akan datang,” kata Nidau.

Pantauan media ini dalam simulasi, KPU Touna memperkenalkan prosedur pemungutan dan perhitungan suara, serta rekapitulasi surat suara. Seperti proses saat warga tiba di TPS, mereka diminta untuk menunjukkan KTP dan formulir C6 yang telah diterima sebelum hari pencoblosan untuk menggunakan hak pilihnya. *(JF)

Artikel ini telah dibaca 45 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News