Menu

Mode Gelap

News · 31 Okt 2023 19:40 WITA ·

Ini Penyebab Jaringan Internet di Tojo Una-Una Terputus

badge-check

Redaksi


 Jaringan telekomunikasi dan internet di wilayah Perkantoran Kelurahan Uemalingku, Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah, mengalami gangguan akibat kabel fiber optik yang terputus. Foto: PaluPoso/JF Perbesar

Jaringan telekomunikasi dan internet di wilayah Perkantoran Kelurahan Uemalingku, Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah, mengalami gangguan akibat kabel fiber optik yang terputus. Foto: PaluPoso/JF

Jaringan telekomunikasi dan internet di wilayah Perkantoran Kelurahan Uemalingku, Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah, mengalami gangguan akibat kabel fiber optik yang terputus. Insiden tersebut terjadi akibat garukan alat berat selama pekerjaan drainase di Jalan Trans Uemalingku.

Pegawai Telkom Ampana, Ferdy, yang bertanggung jawab mengawasi jaringan telekomunikasi, membenarkan insiden tersebut.

“Kabel fiber terputus akibat garukan alat berat siang tadi, Pak!” kata Ferdy kepada media ini, pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Ferdy menjelaskan bahwa akibat insiden ini, tiga kawasan kehilangan akses jaringan internet dan WiFi, yaitu Kelurahan Uemalingku, Sansarino, hingga Pandelingi, Kecamatan Ampana Kota.

Proses perbaikan kabel fiber optik diperkirakan memakan waktu hingga malam hari.

“Perbaikannya diperkirakan akan selesai hingga malam ini, Pak!” ujarnya.

Insiden terputusnya kabel fiber optik ini bukanlah yang pertama kali terjadi selama tahun 2023 selama pekerjaan drainase. Meskipun kabel fiber biasanya ditanam pada kedalaman sekitar 1,5 meter dalam tanah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), namun sayangnya terkena garukan alat berat.

Ferdy menyatakan bahwa terputusnya kabel fiber optik karena garukan alat berat tergantung pada pihak vendor yang mengerjakan proyek tersebut.

“Tergantung pada pihak yang mengerjakan proyek ini, Pak! Jika vendornya satu, mungkin insiden ini tidak akan terjadi berulang kali. Namun, vendornya berbeda-beda,” ungkapnya.

Dia berharap insiden ini menjadi perhatian, terutama bagi kontraktor, agar lebih berhati-hati dalam menjalankan proyek-proyeknya.

“Semoga ini menjadi perhatian, terutama dari kontraktor, agar selalu lebih berhati-hati. Kerugian yang diakibatkan bisa mencapai ratusan juta rupiah,” pungkas Ferdy. *(JF)

Follow Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Waspada, Video Hoaks Pengungsi Rohingya Beredar Selama Tahapan Pemilu 2024

25 Februari 2024 - 18:26 WITA

Rangking Satu HPSN 2024 Resmi Digelar di Palu

24 Februari 2024 - 17:32 WITA

Kenali Model dan Alat Mendeteksi Rekaman Suara AI

23 Februari 2024 - 23:02 WITA

Pemkot Palu: Pajak 10 Persen untuk Kepentingan Rakyat

21 Februari 2024 - 23:06 WITA

pajak daerah

AMSI Harapkan Perpres Publishers Rights Dorong Ekosistem Bisnis Media Jadi Lebih Baik

21 Februari 2024 - 12:14 WITA

Pemkot Palu Target PAD 2024 sebesar Rp 1,6 Triliun

20 Februari 2024 - 22:40 WITA

Trending di Bisnis