Menu

Mode Gelap

Bisnis · 29 Jan 2024 20:43 WITA ·

DKP Sulteng Terima Hibah 150 Ribu Dollar AS untuk Pengembangan Sektor Perikanan dari USAID Ber-IKAN

badge-check

Redaksi


 Kepala DKP Sulteng, Moh. Arif Latjuba saat menyampaikan sambutan pada Lokakarya Program Hibah USAID Ber-IKAN di salah satu hotel di Kota Palu, Senin 29 Januari 2024. Foto: Istimewa Perbesar

Kepala DKP Sulteng, Moh. Arif Latjuba saat menyampaikan sambutan pada Lokakarya Program Hibah USAID Ber-IKAN di salah satu hotel di Kota Palu, Senin 29 Januari 2024. Foto: Istimewa

Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulteng, menerima dana hibah sebesar 150.000 Dolar AS atau setara dengan Rp 2,2 miliar dari USAID Ber-IKAN. Hibah ini bertujuan untuk pengembangan kapasitas dan keberlanjutan sektor perikanan di wilayah tersebut.

Analis Sumber Daya Ikan dari Direktorat Pengelolaan Sumber Daya Ikan-DJPT KKP, Rizal Rifai, menjelaskan bahwa USAID Ber-IKAN akan menggunakan mekanisme hibah Grant Under Contract (GUC) melalui proses seleksi yang kompetitif. Hal ini bertujuan untuk mendorong partisipasi dan/atau kolaborasi sektor swasta dalam pengembangan perikanan.

“Dana hibah tersebut dialokasikan untuk pengembangan kapasitas dan keberlanjutan perikanan, dengan fokus pada pemberdayaan perempuan, organisasi lokal, komunitas perikanan skala kecil, masyarakat adat, serta kelompok minoritas lainnya,” ujar Rifai dalam sambutannya pada acara Lokakarya Program Hibah USAID Ber-IKAN di salah satu hotel di Kota Palu, Senin 29 Januari 2024.

Kepala DKP Sulteng, Moh. Arif Latjuba, menyatakan bahwa Provinsi Sulteng merasa beruntung karena dipilih sebagai salah satu wilayah dampingan USAID Ber-IKAN. Selama satu tahun terakhir, berbagai kegiatan USAID Ber-IKAN telah dilaksanakan dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat nelayan di tiga Kabupaten, yaitu Tojo Una-Una, Parigi Moutong, dan Banggai.

“Hibah ini diperuntukkan bagi pendamping program, yaitu konsorsium NGO USAID Ber-IKAN, serta membantu capaian pemerintah daerah dalam bidang perikanan. Harapannya, program hibah ini dapat melibatkan lebih banyak rekan lembaga dan institusi lokal yang memahami daerahnya untuk memajukan perikanan berkelanjutan di wilayah masing-masing,” ungkap Arif Latjuba. *(Adv)

Ikuti Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News