Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 26 Feb 2024 20:19 WITA ·

YPKN Sosialisasikan Bahaya Kanker dan Tumor di Parigi Moutong

badge-check

Redaksi


 YPKN Sosialisasikan Bahaya Kanker dan Tumor di Parigi Moutong, Senin 26 Februari 2024. Foto: Dok. Kominfo Parimo Perbesar

YPKN Sosialisasikan Bahaya Kanker dan Tumor di Parigi Moutong, Senin 26 Februari 2024. Foto: Dok. Kominfo Parimo

Yayasan Pencegahan Kanker Nusantara (YPKN) menggelar sosialisasi pencegahan kanker dan tumor. Acara ini diadakan di Aula Kantor Bupati Parigi Moutong, Senin 26 Februari 2024, dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong.

Staf Ahli Bidang Pengembangan SDM Kawasan dan Wilayah Pemda Parigi Moutong, Armin menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini diinisiasi sebagai langkah untuk memperkenalkan inovasi baru dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kanker dan tumor di wilayah Parigi Moutong.

Armin menekankan bahwa kanker dan tumor merupakan penyakit yang memerlukan biaya pengobatan yang besar dan dapat mematikan. Oleh karena itu, penting untuk memperbaiki pola hidup dan konsumsi makanan dengan lebih banyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, serta menjaga pola olahraga yang teratur.

Selain itu, Armin juga menyoroti pentingnya mengenali gejala-gejala awal kanker dan tumor untuk mencegah dan menghindarinya. Ia mengingatkan bahwa kedua penyakit ini termasuk penyakit yang sangat ganas dan merupakan penyebab kematian kedua terbanyak setelah penyakit jantung.

Menyikapi hal ini, Armin menyebutkan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2015 tentang kanker.

Ia juga menegaskan bahwa meningkatnya jumlah penderita kanker di Indonesia menuntut adanya langkah preventif yang lebih aktif, terutama karena banyak pasien datang berobat pada stadium lanjut akibat minimnya informasi yang tersedia.

Armin mengakhiri sambutannya dengan mengajak semua pihak yang hadir untuk mengadopsi gaya hidup bersih dan sehat serta menjaga pola makan yang sehat guna mengurangi risiko terkena kanker.

“Diharapkan dengan adanya upaya pencegahan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong, angka penderita kanker dapat terus menurun karena prinsip bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati,” ucapnya. *(Tim)

Follow Berita PaluPoso.id di Google News

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Perjalanan Inspiratif Gunawan dari Poso Menuju Australia

16 April 2024 - 15:03 WITA

Pj Bupati Parimo, Richard: Mari Pererat Tali Silaturahmi

9 April 2024 - 23:38 WITA

Golkar Tugaskan Erwin Burase di Pilkada Parimo

6 April 2024 - 22:28 WITA

Pemda Sulteng Serahkan Dana Hibah Rp 27 M ke TNI-Polri untuk Pengamanan Pilkada 2024

5 April 2024 - 23:19 WITA

DPRD Apresiasi LKPJ Bupati Parimo Tahun 2023

4 April 2024 - 22:14 WITA

Bupati dan Kapolres Parimo Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala 2024

3 April 2024 - 23:43 WITA

Trending di News