Menu

Mode Gelap

News · 30 Apr 2023 07:08 WITA ·

Viral Oknum Perawat Puskesmas di Sulteng Diduga Jual Obat Aborsi, Ini Kata PPNI

badge-check

Redaksi


 Tenaga medis bertaruh nyawa untuk menyembuhkan para pasien corona. Ilustrasi: Maulana Saputra/kumparan Perbesar

Tenaga medis bertaruh nyawa untuk menyembuhkan para pasien corona. Ilustrasi: Maulana Saputra/kumparan

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Masri Daeng Taha, mengatakan bahwa oknum yang viral disebut sebagai salah satu perawat puskesmas di Sulteng diduga menawarkan obat aborsi kepada masyarakat bukanlah seorang perawat.

“Yang bersangkutan bukan seorang perawat, dan bukan anggota PPNI,” kata Masri Daeng Taha, Minggu, 30 April 2023.

Masri menegaskan, meminta kepada media agar tidak lagi menyebut oknum tersebut sebagai oknum perawat. Sebab, hal itu dapat mencoreng nama profesi perawat sebagai tenaga kesehatan.

Ketua PPNI Sulteng itu menjelaskan, yang dinamakan seorang perawat ialah mereka yang lulus pendidikan tinggi keperawatan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang diakui oleh Pemerintah sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan Nomor 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan.

Di mana secara umum, lanjut Masri, ada 2 jenis perawat, yaitu Perawat Vokasi, minimal lulusan D3 Keperawatan, dan Perawat Profesi, minimal lulusan S1 Keperawatan.

Kemudian perawat adalah seseorang yang bertugas memberikan asuhan pada individu, keluarga, juga kelompok dalam keadaan sakit maupun sehat.

“Oknum tersebut hanya pendidikan lulusan SPK, sedangkan yang dikatakan perawat kalau pendidikannya minimal D3 perawat,” jelasnya.

Sebelumnya, viral di media oknum perawat disebut sebagai salah satu perawat puskesmas di Sulteng diduga sering menawarkan obat aborsi kepada masyarakat.

Selain itu, oknum yang diketahui sebagai staf di salah satu puskesmas di Sulteng itu juga diduga sering menawarkan jasa pembuatan surat keterangan dokter, BPJS, KIS dan Sertifikat vaksin resmi tanpa melakukan vaksinasi. *(Tim)

 

Artikel ini telah dibaca 290 kali

Baca Lainnya

Satgas Tangkap 9 Juru Parkir Liar di Palu

14 Juni 2024 - 09:42 WITA

Kota Palu Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk ke-10 Kalinya

27 Mei 2024 - 21:44 WITA

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.
Trending di News