Menu

Mode Gelap

Bisnis · 19 Jan 2024 22:42 WITA ·

TPKAD Parigi Moutong dan OJK Gelar Edukasi Keuangan

badge-check

Redaksi


 TPKAD Parigi Moutong dan OJK Gelar Edukasi Keuangan, Jumat 19 Januari 2024. Foto: Istimewa Perbesar

TPKAD Parigi Moutong dan OJK Gelar Edukasi Keuangan, Jumat 19 Januari 2024. Foto: Istimewa

Dalam upaya meningkatkan literasi dan akses keuangan bagi masyarakat Kabupaten Parigi Moutong, Tim Percepatan Keuangan Akses Daerah (TPKAD) bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Industri Jasa Keuangan di Daerah menyelenggarakan Seminar Edukasi Keuangan. Acara tersebut diadakan di Aula SMK Muhammadiyah Desa Pelawa Baru, Jumat, 19 Januari 2024.

Hadir sebagai perwakilan Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Mawardin, memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Mawardin menyampaikan betapa pentingnya literasi keuangan untuk memastikan kesempatan yang sama dalam mengakses keuangan di lembaga jasa keuangan formal.

Mawardin menjelaskan bahwa edukasi literasi keuangan merupakan program pemerintah yang didukung oleh institusi keuangan secara nasional. Program ini dilaksanakan melalui berbagai kegiatan dan publikasi di media massa, baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan OJK. Literasi keuangan dianggap kunci untuk memastikan masyarakat dapat mengelola keuangan dengan mandiri, memahami, dan mengatur keuangan dengan baik.

“OJK adalah lembaga independen yang berperan dalam menyelenggarakan sistem dan pengawasan di sektor keuangan. OJK memiliki tanggung jawab untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Daerah dan Nasional melalui peningkatan literasi dan inklusi keuangan,” ungkap Mawardin.

Lebih lanjut, Mawardin menekankan bahwa akses keuangan merupakan dasar penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. Namun, pemahaman yang baik dari masyarakat juga diperlukan. Masyarakat perlu melek terhadap layanan jasa keuangan agar dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan, memahami manfaat dan risiko, serta mengetahui hak dan kewajiban.

Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong terus berupaya mengembangkan potensi unggulan melalui TPKAD dalam rangka peningkatan literasi dan inklusi keuangan, khususnya bagi masyarakat di wilayah tersebut. Mawardin menegaskan perlunya upaya konkret dan optimal untuk memudahkan masyarakat memperoleh akses keuangan.

“Masyarakat diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya supaya paham betul tentang OJK, bentuk investasi, serta produk dan layanan jasa keuangan. Hal ini diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dan bermanfaat bagi banyak orang, terutama masyarakat Kabupaten Parigi Moutong,” tambah Mawardin, mengakhiri sambutannya. Semoga kegiatan ini menjadi langkah positif dalam mencapai inklusi keuangan dan peningkatan literasi di masyarakat setempat. *(Tim)

Follow Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Waspada, Video Hoaks Pengungsi Rohingya Beredar Selama Tahapan Pemilu 2024

25 Februari 2024 - 18:26 WITA

Rangking Satu HPSN 2024 Resmi Digelar di Palu

24 Februari 2024 - 17:32 WITA

Kenali Model dan Alat Mendeteksi Rekaman Suara AI

23 Februari 2024 - 23:02 WITA

Pemkot Palu: Pajak 10 Persen untuk Kepentingan Rakyat

21 Februari 2024 - 23:06 WITA

pajak daerah

AMSI Harapkan Perpres Publishers Rights Dorong Ekosistem Bisnis Media Jadi Lebih Baik

21 Februari 2024 - 12:14 WITA

Pemkot Palu Target PAD 2024 sebesar Rp 1,6 Triliun

20 Februari 2024 - 22:40 WITA

Trending di Bisnis