Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 23 Sep 2023 17:50 WITA ·

Tips Meningkatkan Produksi ASI dengan Makanan

badge-check

Redaksi


 Ilustrasi ibu menyusui anak. Foto: Pexels Perbesar

Ilustrasi ibu menyusui anak. Foto: Pexels

Kehadiran seorang ibu adalah ciptaan alam yang luar biasa, dan air susu ibu (ASI) adalah anugerah alam yang tak ternilai bagi sang bayi. Dalam ASI mengalir segala keajaiban nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang optimal. Tetapi terkadang, seorang ibu mungkin merasa produksi ASI nya kurang mencukupi untuk memenuhi tuntutan bayi yang haus akan kasih sayang dan nutrisi.

Tetapi, tak perlu khawatir, Ibu! Ada sejumlah cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan produksi ASI, dan salah satunya adalah melalui perubahan dalam pola makan sehari-hari.

Di bawah ini, kami akan membahas beberapa makanan yang dapat menjadi andalan Anda dalam perjalanan ini, memberikan nutrisi alami, kaya, dan mudah diakses:

Bijian dan Kacang-Kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan seperti almond dan kenari bukan hanya penyedia fitoestrogen dan protein, tetapi juga menyajikan lemak sehat yang esensial untuk perkembangan otak si kecil.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung memiliki persediaan berlimpah zat besi dan kalsium yang berkontribusi pada peningkatan produksi ASI. Kandungan vitamin C-nya pun membantu penyerapan nutrisi. Namun, daun katuk layak diperhatikan, mengandung senyawa fitosterol yang merangsang dan melancarkan produksi ASI.

Buah Alpukat

Buah alpukat kaya akan lemak sehat, termasuk lemak omega-3 yang sangat penting bagi perkembangan otak si kecil. Alpukat juga berperan dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI.

Baca: Mengatasi Stunting, Wali Kota Palu Gagas Program Dahsat untuk Kesehatan Anak-Anak

Ikan

Ikan bukan hanya sumber nutrisi yang kaya, tetapi juga sekutu Anda dalam menjaga kualitas ASI. Ikan salmon, sebagai contoh, mengandung mineral, vitamin (B1, B3, B6, B12), protein, dan vitamin D. Asam lemak omega-3 dalam ikan teri membantu menurunkan tekanan darah dan peradangan, memberikan momen relaksasi yang sangat diperlukan untuk produksi ASI yang meningkat.

Air Putih

Hingga 90 persen dari komposisi ASI adalah air, oleh karena itu, asupan air yang cukup sangat penting. Air putih membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, memastikan bahwa produksi ASI berjalan dengan baik.

Jadi, begitulah, makanan-makanan ini bukan hanya penambah ASI, tetapi juga adalah sumber kekuatan alam yang akan mendukung perjalanan Ibu dalam memberikan ASI yang penuh kasih dan nutrisi. Tetapi, di balik semua ini, perlu diingat bahwa tidak ada keajaiban instan dalam peningkatan produksi ASI. Selain makanan, istirahat yang cukup, dukungan emosional, dan frekuensi pemberian ASI juga memainkan peran penting.

Jika Anda, sebagai seorang ibu, merasa khawatir atau menghadapi masalah dalam memberikan ASI, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan. Mereka akan memberikan dukungan dan saran yang sesuai untuk perjalanan Anda. Selamat mengASIhi, para Ibu yang luar biasa!

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Satgas Tangkap 9 Juru Parkir Liar di Palu

14 Juni 2024 - 09:42 WITA

Kota Palu Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk ke-10 Kalinya

27 Mei 2024 - 21:44 WITA

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.
Trending di News