Menu

Mode Gelap

News · 8 Mar 2023 18:04 WITA ·

Susun RKPD 2024, Pemkab Parimo Harapkan Optimalisasi Infrastruktur dan Pelayanan Publik

badge-check

Redaksi


 Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran saat membuka kegiatan RKPD tahun 2024. Foto : Diskominfo Parimo Perbesar

Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran saat membuka kegiatan RKPD tahun 2024. Foto : Diskominfo Parimo

Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran membuka kegiatan forum lintas perangkat daerah terkait  Penyusunan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024.

Kegiatan yang diinisiasi Badan Penyelenggaraan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Pemkab Parimo itu di Aula kantor Bapelitbangda Kabupaten Parigi Moutong, Rabu 8 Maret 2023.

Zulfinasran mengatakan, penyusunan RKPD 2024 ini memiliki fungsi untuk menyelaraskan usulan dengan arah kebijakan pembangunan nasional, provinsi dan kabupaten tahun 2024, serta mensinkronkan usulan kegiatan pembangunan dari hasil Musrenbang kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD dengan rancangan rencana kerja perangkat daerah.

“Pelaksanaan forum ini merupakan amanat UU nomor 25 tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri dalam Negri Republik Indonesia nomor 86 tahun 2017 dimana salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD kabupaten adalah menyelenggarakan forum lintas perangkat daerah untuk penyusunan rencana kerja pemerintah daerah dan rencana kerja perangkat daerah,” jelas Zulfinasran.

Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai sarana komunikasi interaktif dan dialog antara seluruh pemangku kepentingan pembangunan Kabupaten Parigi Moutong.

Zulfinasran juga mengatakan, pembangunan dibidang infrastruktur dasar tetap menjadi perhatian hingga selesai tahun perencanaan, hal itu guna terciptanya pemerataan pembangunan untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya sinergi antara semua stakeholder.

“Pembangunan di bidang ekonomi khususnya peningkatan produksi dan produktivitas pertanian pariwisata dan pembangunan di bidang sosial budaya masih menjadi prioritas yaitu peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan serta peningkatan Sumber Daya Manusia Aparatur,” ungkap Zulfinasran.

Zulfinasran mengungkapkan, terdapat tiga poin penting yang perlu dijadikan perhatian bersama dalam menyusun RKPD tahun 2024, yaitu :

Pertama, tema RKPD Kabupaten Parigi Moutong tahun 2024 yaitu Percepatan pertumbuhan ekonomi melalui inovasi Produk unggulan berbasis kawasan yang didukung sumber daya lokal, untuk itu diharapkan agar pembahasan usulan mulai dari tingkat desa, kecamatan, pokok-pokok pikiran DPRD hingga rumusan rancangan awal kerja perangkat daerah harus dilaksanakan dengan tema tersebut.

Kedua, penyelarasan rencana program kegiatan organisasi perangkat daerah dengan hasil Musrenbang desa dan kecamatan, pokok-pokok pikiran DPRD tetap melihat skala prioritas dan perkiraan kemampuan anggaran daerah serta hasil evaluasi dari pelaksanaan RKPD tahun sebelumnya.

Ketiga, Dalam pengusulan program kerja organisasi perangkat daerah agar tetap melihat kondisi dan dinamika yang berkembang yang dituangkan kedalam suatu kegiatan dengan konsep inovasi-inovasi pelayanan yang lebih baik karena bagaimanapun juga inovasi daerah adalah keharusan dalam konsep daerah yang lebih maju.

“Saya berharap melalui sumbangsih saran dan masukan dari segenap pemangku kepentingan yang dilandasi itikad dan semangat yang baik diharapkan penyusunan dokumen rencana kerja pemerintah daerah akan semakin komperensif dan berkualitas,” imbuh Zulfinasran

Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Satgas Tangkap 9 Juru Parkir Liar di Palu

14 Juni 2024 - 09:42 WITA

Kota Palu Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk ke-10 Kalinya

27 Mei 2024 - 21:44 WITA

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.
Trending di News