Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 15 Mar 2023 10:37 WITA ·

Sulteng di Kelilingi 30 Sesar Aktif, PPNI Sulteng Bentuk Bapena

badge-check

Redaksi


 Logo Bapena PPNI Sulteng. Foto : istimewa Perbesar

Logo Bapena PPNI Sulteng. Foto : istimewa

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Sulawesi Tengah secara resmi membentuk Badan Penanggulangan Bencana (Bapena).

Ketua PPNI Sulteng Masri Daeng Taha mengatakan, pembentukan Bapena memiliki misi kemanusiaan dari PPNI, terutama dalam penanggulangan bencana. Seperti assessment kebutuhan, tindakan pertolongan pertama, hingga melakukan trauma healing.

Rencananya, para pengurus Bapena akan dilantik pada tanggal 17 Maret, bertepatan di moment HUT PPNI ke 49.

“Diharapkan seluruh pengurus mampu mengemban amanah untuk menjadikan Bapena PPNI sebagai wadah yang mengelola dan melakukan penanganan terhadap bencana serta meningkatkan kemampuan, keahlian dan kompetensi perawat,” imbuh Masri Daeng Taha, Minggu 11 Maret 2023.

Sebagaimana diketahui, Sulteng menjadi salah satu wilayah rawan terjadinya bencana gempa bumi. Menurut data dari BKKG Stasiun Geofisika Palu di Sulawesi Tengah, terdapat 30 sesar aktif yang mengelilingi tanah Tadulako ini.

Olehnya, Masri Daeng Taha mendorong para pengurus Bapena terus membangun kesiapsiagaan dan tanggap bencana sebagai salah satu upaya mitigasi.

Masri Daeng Taha percaya, pengurus Bapena PPNI Sulteng sudah teruji dalam hal penanganan dan penanggulangan bencana, baik ecara mentalitas, pengalaman dan fisik tidak diragukan lagi.

“Kita siap bersinergi antara program yang ada di BPBD Sulteng dengan Bapena PPNI terutama dalam hal pencegahan dan kesiapsiagaan bencana,” cetusnya.

Lanjut Masri Daeng Taha, dalam waktu dekat, pengurus Bapena akan diikutkan kegiatan pembekalan penyuluh Keluarga Tangguh Bencana (KATANA) atas kerja sama PPNI dan BNPB.

Artikel ini telah dibaca 469 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News