Menu

Mode Gelap

Bisnis · 8 Des 2023 21:59 WITA ·

Sinergi Pengendalian Inflasi, Parigi Moutong Sambut TPID Palu

badge-check

Redaksi


 Sinergi Pengendalian Inflasi, Parigi Moutong Sambut TPID Palu. Foto: Istimewa Perbesar

Sinergi Pengendalian Inflasi, Parigi Moutong Sambut TPID Palu. Foto: Istimewa

Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo, bersama Asisten Perekonomian dan pembangunan, Moh Yasir, serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong menyambut Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Palu. Tim tersebut dipimpin oleh Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kota Palu, Rahmat Mustafa. Pertemuan ini berlangsung di lantai 2 Kantor Bupati Parigi Moutong, Jumat, 8 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo, menyatakan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari upaya saling bertukar informasi terkait aktivitas pengendalian inflasi di masing-masing daerah. Arnaldo menekankan pentingnya kerja sama ini sebagai bagian dari tugas utama sebagai Pj Bupati, terutama dalam pengendalian inflasi di Kabupaten Parigi Moutong.

Kota Palu, sebagai salah satu indikator inflasi di wilayah ini, memiliki dampak langsung terhadap Kabupaten Parigi Moutong.

“Kita berharap dengan pengukuran inflasi yang ada di Kota Palu bisa terkendali maka diasumsikan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong atau diwilayah Kota Parigi dan sekitarnya juga bisa mengendalikan inflasi dengan baik,” ujarnya.

Pj Bupati Parigi Moutong juga mengungkapkan salah satu upaya yang telah dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Parigi Moutong belum lama ini, yakni dengan mengeluarkan edaran kepada seluruh pimpinan OPD, ASN dan Masyarakat untuk melakukan gerakan tanam cabai di seluruh wilayah Kabupaten Parigi Moutong.

“Mungkin ada kegiatan-kegiatan lain seperti itu yang terjadi di Kota Palu mohon disharing agar kami juga bisa melakukan penerapan di wilayah Kabupaten Parigi Moutong. Atas dasar informasi-informasi inilah nanti kita saling bersinergi agar kegiatan pengendalian inflasi di Sulawesi Tengah yang domainnya termaksud Kota Palu dan Parigi Moutong. Karena kita ini termaksud daerah penyangga dengan indikator-indikator yang cukup berarti di Provinsi Sulawesi Tengah,” kata Richard.

Di sisi lain, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kota Palu, Rahmat Mustafa, menjelaskan tujuan kunjungan mereka. Salah satunya adalah menjalin komunikasi dan kerja sama, terutama terkait komoditas beras dan cabai.

“Kabupaten Parigi Moutong termasuk penghasil komoditi surplus beras bahkan juga cabai, ini tujuan kami akan dikerjasamakan,” ungkapnya.

Selain pengendalian inflasi, Mustafa menekankan bahwa kerja sama kedepannya tidak hanya terbatas pada hal tersebut. Mereka juga berharap dapat meningkatkan kesejahteraan pedagang, khususnya petani beras di Kabupaten Parigi Moutong, serta menjaga ketersediaan stok pangan di Kota Palu.

Terkait kondisi inflasi di Kota Palu, Mustafa menyebut bahwa saat ini masih berada di bawah rata-rata nasional. Meskipun terjadi kenaikan pada bulan Oktober, khususnya pada komoditas cabai, namun hal tersebut bersifat nasional. *(Tim)

Follow Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Kota Palu Raih Adipura, Hadianto Rasyid: Ini Bukti Kerja Keras dan Komitmen Bersama

4 Maret 2024 - 09:04 WITA

50 Peserta Ikuti Tournament Body Contest 2024 di Parigi Moutong

3 Maret 2024 - 17:05 WITA

Wakili Bupati Parimo, Adrudin Nur Hadiri HUT ke-129 Kota Poso

3 Maret 2024 - 15:31 WITA

Kabar Baik! Kota Palu Raih Adipura untuk Kebersihan dan Pengelolaan Lingkungan

2 Maret 2024 - 23:00 WITA

TPA Poi Panda Kelurahan Kawatuna. Foto: Istimewa

Kota Palu Raih Peringkat 9 dalam Kompetisi Skill Petugas Damkar Tingkat Nasional

1 Maret 2024 - 21:27 WITA

Kelompok Remaja Serang Polisi di Palu, 1 Tewas

1 Maret 2024 - 13:28 WITA

Trending di News