Menu

Mode Gelap

News · 30 Okt 2023 14:31 WITA ·

Sekda Zulfinasran Buka Resmi Kegiatan Bimtek Pemberkasan Arsip

badge-check

Redaksi


 Sekda Zulfinasran Buka Resmi Kegiatan Bimtek Pemberkasan Arsip. Foto: Diskominfo Parimo Perbesar

Sekda Zulfinasran Buka Resmi Kegiatan Bimtek Pemberkasan Arsip. Foto: Diskominfo Parimo

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Parigi Moutong, Zulfinasran, secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemberkasan Arsip. Acara berlangsung di aula lantai dua Kantor Bupati Parigi Moutong, pada Senin, 30 Oktober 2023.

Mewakili Bupati Parigi Moutong, Sekda Zulfinasran, dalam sambutannya menyampaikan tujuan bimtek ini, yaitu memberikan pemahaman tentang pengelolaan pemberkasan arsip kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Menurut Sekda, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemberkasan arsip sebagai upaya mewujudkan good governance dan clean governance. Hal ini akan meningkatkan kesadaran akan pentingnya arsip sebagai bukti akuntabilitas kinerja dan sebagai penunjang proses pengambilan keputusan di organisasi.

Sekda Zulfinasran menekankan bahwa kualitas pemerintahan yang baik sangat terkait dengan peran kearsipan yang efektif. Pemberkasan arsip memiliki pengaruh besar terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dengan menyediakan informasi yang autentik, transparan, dan dapat dimanfaatkan oleh publik.

Pihaknya juga menyoroti pentingnya arsip sebagai sumber informasi, sejarah, ingatan, acuan, dan bukti bagi suatu instansi dalam penyelesaian gugatan atau permasalahan hukum.

“Untuk itu saya sangat mendukung kegiatan yang positif ini karena dengan diadakannya bimbingan teknis ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi tenaga pengelola arsip, bagaimana cara mengelola arsip dengan baik dan meningkatkan pengetahuan serta bimtek akan tatakelola arsip yang sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” ujar Sekda Zulfinasran.

Sementara itu, Sekda juga memberikan pesan kepada peserta agar mengikuti kegiatan dengan baik dan menerapkan tatakelola kearsipan yang tepat pada OPD masing-masing.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah, Nyoman Suriadi Jaya, dalam arahannya menyoroti isu nasional tentang pengalihan arsip tekstual secara elektronik. Mengingat adanya rencana beralih ke aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi), yang merupakan aplikasi umum bidang kearsipan untuk mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. *(Tim)

Follow Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Waspada, Video Hoaks Pengungsi Rohingya Beredar Selama Tahapan Pemilu 2024

25 Februari 2024 - 18:26 WITA

Rangking Satu HPSN 2024 Resmi Digelar di Palu

24 Februari 2024 - 17:32 WITA

Kenali Model dan Alat Mendeteksi Rekaman Suara AI

23 Februari 2024 - 23:02 WITA

Pemkot Palu: Pajak 10 Persen untuk Kepentingan Rakyat

21 Februari 2024 - 23:06 WITA

pajak daerah

AMSI Harapkan Perpres Publishers Rights Dorong Ekosistem Bisnis Media Jadi Lebih Baik

21 Februari 2024 - 12:14 WITA

Pemkot Palu Target PAD 2024 sebesar Rp 1,6 Triliun

20 Februari 2024 - 22:40 WITA

Trending di Bisnis