Menu

Mode Gelap

News · 24 Mar 2024 22:22 WITA ·

Presiden Jokowi Akan Kunjungi 6 Kabupaten di Sulteng, Ini Agendanya

badge-check

Redaksi


 Presiden Joko Widodo. Foto; Biro Pers Sekretariat Presiden Perbesar

Presiden Joko Widodo. Foto; Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam waktu dekat. Rencananya, Jokowi akan mengunjungi 6 kabupaten sekaligus di daerah tersebut.

Dalam rapat yang digelar di ruang Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah pada Minggu, 24 Maret 2024, Asisten Perekonomian dan Pembangunan menyampaikan harapan Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, agar kunjungan kerja Presiden Jokowi dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai agenda yang telah ditetapkan oleh pihak Paspampres dan Protokol Istana.

Pemerintah Provinsi Sulteng bersama Pemerintah Kabupaten dan Kota yang akan dikunjungi juga diharapkan dapat meningkatkan koordinasi bersama pihak-pihak terkait lainnya.

Dalam rapat tersebut, Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Candra Wijaya, juga menekankan agar pemerintah Provinsi dan Kabupaten serta Kota bersama TNI/Polri mempersiapkan seluruh agenda kunjungan kerja Presiden Jokowi dengan baik. Untuk pengamanan, Danrem 132/Tadulako, Brigjen TNI Dody Triwinarto, akan mengerahkan sekitar 5.000 personel dari pasukan gabungan TNI dan Polri.

Kedatangan Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Palu, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah, pada 26 Maret 2026 menggunakan pesawat Kepresidenan. Selanjutnya, bersama rombongan, Jokowi akan menuju Kabupaten Banggai menggunakan pesawat ATR 700. Setelah transit di Banggai, Presiden RI bersama rombongan terbatas akan menuju Kabupaten Banggai Kepulauan menggunakan Heli Super Puma.

Di Kabupaten Banggai Kepulauan, Presiden Jokowi akan meresmikan proyek ruas jalan Inpres dan meninjau pembangunan Pasar Salakan. Setelah itu, beliau akan kembali ke Kabupaten Banggai dan selanjutnya bertolak menuju Kota Palu.

Tiba di Kota Palu, Presiden dijadwalkan akan meresmikan 5 bandara sekaligus, termasuk Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu dan Bandara Prins Mandapar Banggai Laut.

Usai meresmikan bandara, Presiden Jokowi akan menuju RSUD Anutapura Palu guna melakukan peresmian proyek revitalisasi, termasuk RSUD Anutapura Palu, UIN Datokarama Palu, serta Hunian Tetap di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Dalam rapat, Biro Protokol Kepresidenan menyampaikan bahwa Presiden Jokowi akan membawa bantuan sembako yang akan dibagi kepada masyarakat yang berhak menerima dalam setiap kunjungannya.

Setelah dari RSUD Anutapura, Presiden RI ini akan beristirahat di salah satu hotel di Kota Palu dan melaksanakan Salat Isya dan Tarawih di Masjid Al-Aqsha Korem 132 Tadulako.

Pada hari kedua kunjungan di Sulawesi Tengah, pada 27 Maret 2024, Presiden Joko Widodo akan menuju Pelabuhan Wani di Donggala untuk meresmikan tiga proyek pembangunan pelabuhan.

Setelah itu, Jokowi akan mengunjungi Kabupaten Sigi untuk meresmikan proyek pembangunan irigasi Gumbasa dan rekonstruksi Daerah Irigasi Gumbasa.

Kunjungan terakhir, Presiden Jokowi ke Kabupaten Toli-Toli, di mana Presiden Jokowi akan meninjau RSUD Mokopido dan Gudang Bulog serta menyerahkan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) di daerah setempat. Setelah itu, Jokowi akan kembali ke Kota Palu untuk selanjutnya bertolak ke Jakarta. *(Tim)

Ikuti Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 37 kali

Baca Lainnya

Sekot Irmayanti Tinjau Pasar Masomba Pasca-Kebakaran

20 April 2024 - 18:50 WITA

Sekot Palu Irmayanti Tinjau Pasar Masomba Pasca-Kebakaran

Pemkot Palu Raih Peringkat 1 dalam PPD Sulawesi Tengah 2024

18 April 2024 - 23:10 WITA

Wakil Wali Kota Palu, dr Reny Lamadjido menunjukkan trofi dan sertifikat penghargaan PPD Provinsi Sulawesi Tengah

Sekda Zulfinasran Pimpin Rapat Persiapan Launching Aplikasi Srikandi

18 April 2024 - 22:50 WITA

Sekda Zulfinasran Pimpin Rapat Persiapan Launching Aplikasi Srikandi

Damkar Palu Bantu Korban Banjir Bandang Sigi

18 April 2024 - 12:47 WITA

Lebaran Ketupat di Bantaya: Tradisi, Kolaborasi, dan Penggerak Ekonomi Lokal

17 April 2024 - 23:15 WITA

Perjalanan Inspiratif Gunawan dari Poso Menuju Australia

16 April 2024 - 15:03 WITA

Trending di News