Menu

Mode Gelap

Sports · 4 Nov 2023 17:46 WITA ·

Pj Bupati Parigi Moutong Resmikan Lomba Layang-layang Palelo

badge-check

Redaksi


 Ilustrasi Layang-layang. Foto: Pexels Perbesar

Ilustrasi Layang-layang. Foto: Pexels

Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo, secara resmi membuka Lomba Layang-layang Palelo yang diadakan oleh Satuan Pelajar Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA-PP) Kabupaten Parigi Moutong. Acara berlangsung di Kelurahan Bantaya, pada Sabtu, 04 November 2023.

Lomba Layang-Layang Palelo kali ini diikuti oleh 600 peserta dari beberapa daerah, termasuk Gorontalo, Palu, Bunta, dan Parigi Moutong sendiri. Mereka bersaing untuk memperebutkan total bonus sebesar Rp 5 juta.

Pj Bupati Richard Arnaldo dalam sambutannya menyatakan bahwa saat ini kegiatan menerbangkan layang-layang sangat diminati oleh generasi muda hingga anak-anak. Lomba ini dianggap sebagai kegiatan positif dalam melestarikan olahraga tradisional di Parigi Moutong.

“Jadikan kegiatan ini sebagai lomba musiman menerbangkan layangan. Saya melihat antusiasme masyarakat sangat tinggi terhadap kegiatan ini, sehingga hal ini dapat menjadi daya tarik tersendiri dalam bidang olahraga tradisional dan dapat mengurangi ketergantungan anak-anak muda pada perangkat teknologi,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini olahraga tradisional mulai kehilangan eksistensi dan prestasinya karena kurangnya pemahaman akan olahraga tradisional pada anak-anak muda dan minimnya jumlah praktisi di bidang olahraga tradisional.

“Saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus diselenggarakan guna menumbuhkan semangat olahraga pada generasi muda untuk menjaga kelestariannya dan menjadi ajang silaturahmi bagi para penggiat olahraga tradisional,” pintanya.

Richard menambahkan bahwa pada 2024, Parigi Moutong telah dipercayakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui deputi III bidang pemberdayaan olahraga menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (FOTRADNAS).

“Lomba Layang-Layang ini nantinya akan menjadi salah satu cabang olahraga yang Pemda Parigi Moutong akan usulkan ke Kemenpora untuk dilombakan pada FOTRADNAS tahun 2024. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menemukan juara-juara yang akan mewakili daerah ini dalam perlombaan dengan seluruh provinsi di Indonesia,” katanya. *(Tim)

Follow Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Penonton Piala Dunia U17 di Indonesia Lampaui Target FIFA

3 Desember 2023 - 10:33 WITA

Tenaga Ahli Kemenpora Bidang Diaspora dan Kepemudaan Hamdan Hamedan saat mengunjungi Information Center Piala Dunia U-17 Surakarta, Sabtu (2/12/2023). Foto: Dok. Kemenpora RI

Wali Kota Palu Lepas Jalan Santai HUT ke-52 Korpri

26 November 2023 - 21:25 WITA

Wali Kota Palu Lepas Jalan Santai HUT ke-52 Korpri. Foto: Istimewa

Resmi Ditutup, Ini Daftar Juara Balap Sepeda di Parimo

29 Oktober 2023 - 22:47 WITA

Kejuaraan Balap Sepeda Makakata Open Turnamen Ditutup dengan Sukses. Foto: Diskominfo Parimo

Tutup FOT 2 Palu, Hadianto: Masa Kecil yang Dirindukan

22 September 2023 - 15:21 WITA

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid saat menyaksikan lomba tarik tambang di Festival Olahraga Tradisional (FOT) 2 Palu, Jumat, 22 September 2023. Foto: Istimewa

Wakil Wali Kota Palu Buka Muskot ke-3 Pergatsi 2023

14 September 2023 - 20:45 WITA

Musyawarah Kota (Muskot) ke-3 Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kota Palu tahun 2023, pada Kamis, 14 September 2023 di Winners Sport Center, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu. Foto: Istimewa

Piala Eropa 2024 Membawa Kejutan, Italia Kuasai Grup C setelah Kemenangan atas Ukraina

13 September 2023 - 13:58 WITA

Susunan starter Timnas Italia saat melawan Belanda di Allianz Stadium. (Foto: Marco Bertorello/AFP)
Trending di News