Menu

Mode Gelap

News · 22 Mei 2023 11:20 WITA ·

Peringati Harkitnas, Wawali Palu: Semangat Budi Utomo Terus Menggelora Pada Masyarakat

badge-check

Redaksi


 Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido memimpin langsung jalannya Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tingkat Kota Palu. Foto: Humas Pemkot Palu Perbesar

Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido memimpin langsung jalannya Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tingkat Kota Palu. Foto: Humas Pemkot Palu

Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido memimpin langsung jalannya Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tingkat Kota Palu di Halaman Kantor Wali Kota Palu, Senin 22 Mei 2023.

Dalam arahannya, Reny menyatakan Harkitnas yang bertemakan “Semangat untuk Bangkit!” tahun ini, hendaknya menjadi bentuk seruan agar jajaran pemerintah bisa bangkit bersama.

Menurut Beliau, peringatan Harkitnas hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai seremonial saja, olehnya perlu memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional.

“Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya Perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia,” kata Reny A Lamadjido.

Di masa itu, lanjut Wakil Wali Kota, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

Reny A Lamadjido mengungkapkan Budi Utomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan.

Organisasi ini didirikan oleh dr. Sutomo beserta para mahasiswa STOVIA (School Tot Opleiding Van Indische Artsen) pada tahun 1908.

“Budi Utomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain,” ungkap Reny,

Reny menjelaskan Budi Utomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Semangat Budi Utomo, lanjut Beliau masih relevan untuk dikontekstualisasikan dan diimplementasikan pada kehidupan berbangsa saat ini.

Sebagaimana mengutip ucapan Dr. Sutomo “Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi Merah dan Putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga”.

“Spirit ini harus terus mengakar dan pembakar etos kerja kita dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan daerah kita,” ujar Wakil Wali Kota.

Beliau mengajak sebagai generasi penerus bangsa, harus melanjutkan semangat kebangkitan nasional itu.

Kita harus bangkit dari segala keterpurukan dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia.

Kita harus bersatu dan saling mendukung untuk mencapai tujuan besar bangsa dan daerah kita.

“Mari kita maknai Hari Kebangkitan Nasional ini sebagai bentuk mengenang kembali, bagaimana semangat perjuangan bangsa Indonesia di masa lalu dan mengisi kemerdekaan dengan berbagai pembangunan baik itu pendidikan, pengajaran, nilai-nilai keagamaan maupun kebudayaan,” ajak Wakil Wali Kota.

Olehnya, harus disadari bersama, lanjut Beliau betapa pentingnya nilai-nilai keagamaan, pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan dalam menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme.

Kota Palu bisa maju, tumbuh, dan berkembang, jika didukung oleh aparatur Pemerintah Kota Palu dan masyarakat Kota Palu yang cerdas serta memiliki karakter yang menghargai nilai -nilai kebudayaan dan keagamaan.

“Semoga api semangat kebangkitan nasional ini mampu menjiwai semangat perjuangan kita dalam membangun Kota Palu. Hal yang terpenting dari semuanya itu ialah semangat nasionalisme yang senantiasa tetap tumbuh sampai selama-lamanya,” imbuh Wakil Wali Kota.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News