Menu

Mode Gelap

Bisnis · 30 Jan 2023 17:41 WITA ·

Pemkot Palu Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi

badge-check

Redaksi


 Wakil Wali Kota Palu, dr Reny Lamadjido. Foto: Pemkot Palu Perbesar

Wakil Wali Kota Palu, dr Reny Lamadjido. Foto: Pemkot Palu

Wakil Wali Kota Palu dr. Reny A. Lamadjido menghadiri Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Palu, Senin, 30 Januari 2023, di Hotel Santika, Kota Palu.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Palu Reny menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Palu juga akan menuju ke WBK dan WBBM.

“Alhamdulillah walaupun tahun 2021 zonanya berada di zona Merah, karena kerja keras kami tahun 2022 kami mendapat zona Hijau. Ini semua kerja keras kami ingin menghasilkan suatu pemerintahan yang clean,” ujarnya.

Ia berharap pada 2023 WBK dan WBBM akan dilaksanakan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palu dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu.

“Ini sementara digodok, mudah-mudahan mereka juga bisa menjalankan semua yang diharapkan dari WBK dan WBBM. Sehingga Kota Palu keseluruhan instansinya sudah melaksanakan WBK dan WBBM,” katanya.

Menurut Reny, pembangunan zona integritas sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas individu yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kapasitas dan kualitas integritas dari organisasi, di mana individu tersebut berada dan melakukan kegiatannya.

Zona Integritas, katanya, merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Pencanangan Pembangunan Zona Integritas adalah langkah awal dan bagian dari menyukseskan Reformasi Birokrasi dengan melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, efisien, pelayanan prima, dan memuaskan,” ujarnya.

Ia menyatakan Reformasi Birokrasi yang menjadi komitmen seluruh instansi beserta aparatur pemerintah dan pelayanan publik, dapat dinilai dari seberapa besar perubahan mendasar yang dilakukan secara bertahap.

“Sebagai Pemerintah Daerah, kami sangat mendukung kegiatan Stasiun KIPM Palu untuk membangun Zona Integritas serta dapat mempersiapkan rencana aksi yang konkret,” kata Wakil Wali Kota Palu.

 

Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Pemkot Palu: Pajak 10 Persen untuk Kepentingan Rakyat

21 Februari 2024 - 23:06 WITA

pajak daerah

Pemkot Palu Target PAD 2024 sebesar Rp 1,6 Triliun

20 Februari 2024 - 22:40 WITA

Harga Bahan Pokok di Palu: Dari Beras hingga Cabai Rawit Melonjak Tinggi

20 Februari 2024 - 21:16 WITA

Zulkifli Ajak Bersama Dukung Keamanan Pangan di Palu

19 Februari 2024 - 11:32 WITA

Koordinasi Virtual TPID Kota Palu: Antisipasi Inflasi Menuju Ramadhan

19 Februari 2024 - 11:04 WITA

Wakil Wali Kota Palu Buka High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah

6 Februari 2024 - 18:47 WITA

Trending di Bisnis