Menu

Mode Gelap

News · 19 Sep 2023 17:28 WITA ·

Optimasi Kesiapan Pasca-bencana di Kota Palu

badge-check

Redaksi


 Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, membuka Desiminasi Hasil Penelitian tentang Social and Solidarity Economy Organizations and Enterprises di Kota Palu, Selasa, 19 September 2023. Foto: Istimewa Perbesar

Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, membuka Desiminasi Hasil Penelitian tentang Social and Solidarity Economy Organizations and Enterprises di Kota Palu, Selasa, 19 September 2023. Foto: Istimewa

Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, mewakili Wali Kota Palu, secara resmi membuka Desiminasi Hasil Penelitian tentang Organisasi dan Usaha Ekonomi Sosial dan Solidaritas.

Penelitian ini diselenggarakan oleh Yayasan Sikola Mombine, dan diadakan di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa, 19 September 2023. Acara ini menjadi tonggak penting dalam memahami serta mengatasi tantangan ekonomi dan sosial di Kota Palu, terutama setelah bencana dahsyat yang melanda pada tahun 2018.

Dalam acara ini, hadir Ayaka Matsuno, Direktur Tim Gender Investment dan Innovation Sasakawa Peace Foundation (SPF) Jepang, yang menyoroti signifikansi kerja sama lintas negara dalam mendukung upaya pemulihan dan penguatan masyarakat pasca-bencana. SPF telah menjadi mitra penting dalam upaya pemulihan Kota Palu.

Sekretaris Daerah Kota Palu membacakan sambutan tertulis dari Wali Kota Palu mengucapkan terima kasih atas penyelenggaraan kegiatan ini dan kerja sama erat antara SPF dan Yayasan Sikola Mombine. Hasil penelitian yang dihasilkan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemerintah mengenai kondisi ekonomi dan sosial di kota ini.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Palu menekankan pentingnya memperkuat kapasitas masyarakat dan lembaga ekonomi sosial di Kota Palu dalam menghadapi potensi bencana di masa depan. Ini dilakukan melalui langkah-langkah antisipatif dan adaptasi untuk meminimalkan kerugian serta mempercepat pemulihan ekonomi dalam situasi darurat.

Sekretaris Kota Palu juga menyoroti pentingnya integrasi langkah-langkah pencegahan dan mitigasi pasca-bencana dalam perencanaan yang efektif, terutama berdasarkan identifikasi daerah rawan bencana di Kota Palu. Tujuannya adalah melindungi dan mempersiapkan masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana.

Lebih lanjut, Sekkot Irmayanti mengajak masyarakat dan pengambil kebijakan untuk mendukung penyusunan dokumen mengenai organisasi ekonomi sosial dan solidaritas di Kota Palu. Informasi yang lebih akurat tentang kondisi ekonomi dan sosial di kota ini, terutama setelah bencana, akan menjadi kunci dalam merumuskan strategi pengurangan risiko bencana dan meningkatkan kesadaran masyarakat.

“Harapannya, dengan desiminasi hasil penelitian ini, output yang dihasilkan benar-benar dapat terimplementasi dengan lebih baik, meningkatkan kapasitas masyarakat dan ekonomi sosial pasca-lima tahun bencana,” tambah Sekretaris Kota Palu.

Acara ini diharapkan menjadi langkah awal dalam membangun kesiagaan dan ketangguhan masyarakat Kota Palu dalam menghadapi tantangan masa depan, terutama dalam mengurangi risiko bencana dan memperkuat perekonomian mereka.

Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News