Menu

Mode Gelap

Cek Fakta · 15 Mei 2024 22:20 WITA ·

Nama Sekda Parigi Moutong Kembali Dicatut untuk Menipu

badge-check

Redaksi


 Sekda Parigi Moutong, Zulfinasran Achmad. Foto: Dok. FB Zulfinasran Achmad Perbesar

Sekda Parigi Moutong, Zulfinasran Achmad. Foto: Dok. FB Zulfinasran Achmad

Nama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Parigi Moutong, Zulfinasran Achmad, kembali dicatut oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk penipuan. Kali ini modusnya dengan mentransfer dana bantuan ke salah satu yayasan tempat ibadah melalui mobile banking BNI.

Berikut isi bukti transfer mobile banking BNI yang dibuat pelaku:

Transfer berhasil Rp 22.500.000, dengan tanggal transaksi 13 Mei 2024, pukul 17:20:15 WIB. Layanan transfer BI-FAST, dengan tujuan Bank Sulteng nomor rekening 1020201100030 atas nama penerima Masjid Al Anshar. Nama pengirim Zulfinasran Tiangso.

Lalu, benarkah Sekretaris Daerah Parigi Moutong, Zulfinasran Achmad telah melakukan transfer dana melalui mobile banking BNI untuk bantuan ke Masjid Al Anshar tersebut?

HASIL CEK FAKTA

Sekda Parigi Motong Zulfinasran menegaskan bahwa bukti transfer mobile banking dari BNI mengatasnamakan dirinya yang masuk ke Masjid Al Anshar itu adalah tidak benar atau hoaks.

“Orang tidak bertanggung jawab ini menyasar Pondok Pesantren dan Rumah Ibadah dengan mengatasnamakan saya sebagai Sekda. Mereka seolah-olah melakukan transfer uang, tetapi setelah penerima melakukan pengecekan di rekening pengurus atau yayasan, uang tersebut tidak ditemukan. Saya tegaskan bahwa itu bukan saya. Nama saya telah dicatut,” ungkap Zulfinasran saat dihubungi Rabu, 15 Mei 2024.

Menghadapi kejadian ini, ia meminta Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Parigi Moutong untuk mengklarifikasi berita hoaks tersebut.

Ia berharap klarifikasi tersebut dapat mencegah terbentuknya opini di masyarakat bahwa dirinya telah membohongi pihak yayasan tempat ibadah.

Sekda Zulfinasran juga mengimbau masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dan percaya dengan informasi yang beredar, serta mewaspadai setiap upaya penipuan yang mengatasnamakan nama pejabat daerah.

Sementara, Cek Fakta PaluPoso.id menelusuri bukti transfer mobile banking BNI tersebut dengan cara membandingkan yang asli dan palsu, hasilnya menemukan bahwa, ada perbedaan penulisan Bukti transfer asli mobile banking BNI dan bukti transfer mobile banking yang dibuat si penipu. Di antaranya tata letak penulisan dan jenis huruf dan ukuran yang dibuat si penipu berbeda dari penulisan bukti transfer mobile banking BNI yang aslinya.

KESIMPULAN

Bahwa bukti transfer mobile banking BNI mengatasnamakan Sekda Parigi Moutong Zulfinasran Tiangso untuk bantuan Masjid Al Anshar adalah tidak benar. Sekda Parigi Motong Zulfinasran menegaskan bahwa bukti transfer mobile banking dari BNI mengatasnamakan dirinya yang masuk ke Masjid Al Anshar itu adalah hoaks.

TIM CEK FAKTA PALU POSO.ID

PaluPoso.id salah satu media siber yang tergabung dalam koalisi CekFakta.com. CekFakta.com adalah sebuah proyek kolaboratif pengecekan fakta yang diinisiasi MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia), AJI (Aliansi Jurnalis Independen) dan AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia).

Ikuti Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 160 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News