Menu

Mode Gelap

News · 8 Sep 2023 09:48 WITA ·

Menteri Dito Dorong Semangat Gotong Royong untuk Pemuda Tangguh dan Olahraga Maju

badge-check

Redaksi


 Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berharap Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepemudaan dan Keolahragaan Tahun 2023 menjadi sarana konsolidasi dan optimalisasi pelayanan kepemudaan dan keolahragaan di Indonesia. Foto: Istimewa Perbesar

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berharap Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepemudaan dan Keolahragaan Tahun 2023 menjadi sarana konsolidasi dan optimalisasi pelayanan kepemudaan dan keolahragaan di Indonesia. Foto: Istimewa

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, berharap Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepemudaan dan Keolahragaan Tahun 2023 menjadi ajang penting untuk mengkonsolidasikan serta mengoptimalisasi layanan kepada pemuda dan olahraga di Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan oleh Menteri Dito saat melakukan peninjauan kesiapan Rakornas Kepemudaan dan Keolahragaan Tahun 2023 di Jakarta Internasional Velodrome pada Kamis malam, 7 September.

“Saya berharap momentum ini akan membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan olahraga, kebugaran, dan kreativitas di kalangan pemuda Indonesia,” ujar Menteri Dito.

Beliau menegaskan bahwa tujuan dari Rakornas ini adalah untuk menciptakan generasi pemuda yang kuat serta untuk memajukan ekosistem olahraga Indonesia.

Peserta Rakornas ini terdiri dari berbagai pihak yang memiliki peran penting dalam bidang kepemudaan dan keolahragaan di seluruh Indonesia.

“Ini merupakan Rakornas pertama dalam bidang pemuda dan olahraga, dan kami berupaya agar ini menjadi sebuah terobosan yang diikuti dengan tindak lanjut yang positif di tingkat daerah. Kami juga membuka pintu bagi seluruh pemangku kepentingan di bidang kepemudaan untuk berkolaborasi baik dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” tambahnya.

Rakor Kepemudaan dan Keolahragaan Tahun 2023 akan secara resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy.

Rakor ini yang bertema “Pemuda Tangguh, Olahraga Maju” merupakan bagian dari perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 Tahun 2023 yang selalu diperingati setiap 9 September.

Acara ini akan mencakup pembahasan isu-isu strategis seperti sosialisasi dan pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta Rencana Aksi Daerah (RAD) dalam pelayanan kepemudaan.

Selain itu, akan dibahas juga tentang peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) secara nasional, serta isu-isu terkini mengenai perkembangan kepemudaan dan olahraga.

Pembukaan Rakornas akan diikuti dengan peluncuran laporan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Tahun 2023 dan penghargaan kepada provinsi dengan IPP tertinggi.

Pada kesempatan ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga akan menandatangani komitmen bersama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), dan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

Kementerian Pemuda dan Olahraga juga akan melakukan penandatanganan komitmen bersama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) terkait pelaksanaan Tridarma Ekakarma di Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan.

Untuk menambah keseruan, akan ada pemutaran video aplikasi “Kawal Pora,” yang merupakan alat pengawasan dan pendampingan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga kepada organisasi olahraga yang dapat diakses langsung oleh masyarakat. Semoga Rakornas ini menjadi langkah penting dalam memajukan pemuda dan olahraga Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 32 kali

Baca Lainnya

YPKN Sosialisasikan Bahaya Kanker dan Tumor di Parigi Moutong

26 Februari 2024 - 20:19 WITA

Ratusan Mahasiswa Untad Palu Geluti Studi Independen Kelurahan Cantik

26 Februari 2024 - 19:42 WITA

Cek Fakta: Salah, Video Ribuan TKA China di Morowali

26 Februari 2024 - 19:06 WITA

Waspada Video dengan Klaim Pemilih Siluman

26 Februari 2024 - 18:44 WITA

Waspada, Video Hoaks Pengungsi Rohingya Beredar Selama Tahapan Pemilu 2024

25 Februari 2024 - 18:26 WITA

Rangking Satu HPSN 2024 Resmi Digelar di Palu

24 Februari 2024 - 17:32 WITA

Trending di News