Menu

Mode Gelap

News · 13 Sep 2023 17:23 WITA ·

Mendagri Tito Ajak APIP Daerah Berperan Aktif dalam Mewujudkan Pemerintahan Bersih

badge-check

Redaksi


 Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Foto: Istimewa Perbesar

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Foto: Istimewa

Inspektorat Daerah, sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), memainkan peran strategis dalam manajemen dan pencapaian visi serta misi program pemerintah.

Dalam upaya untuk memperkuat peran ini, Rapat Koordinasi Penguatan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Daerah digelar secara tatap muka dan daring secara nasional pada Rabu, 13 September 2023.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A Lamadjido, serta Kepala Inspektorat Kota Palu, Muliati. Mereka bergabung dalam pertemuan melalui platform zoom meeting di ruang rapat Bappeda Kota Palu.

Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A Lamadjido (tengah) dan Kepala Inspektorat Kota Palu, Muliati, mengikuti Rapat Koordinasi Penguatan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Daerah bersama Kementerian Dalam Negeri yang digelar secara tatap muka dan daring secara nasional pada Rabu, 13 September 2023. Foto: Istimewa

Mendagri RI, Tito Karnavian, yang didampingi oleh Ketua KPK, Firli Bahuri, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi.

Salah satu aksi pencegahan korupsi yang menjadi fokus Tahun 2023-2024 adalah penguatan peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam mengawasi program pembangunan. Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa jumlah kebutuhan Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah dan Auditor terpenuhi secara proporsional.

Rapat koordinasi nasional ini menjadi momentum penting bagi APIP Daerah untuk terus berperan aktif dalam menjaga integritas dan efektivitas pemerintahan daerah, serta mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan program pembangunan.

Dengan sinergi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat, diharapkan langkah-langkah pencegahan korupsi dapat terwujud secara efisien dan efektif demi kemajuan bangsa dan negara.

Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya

Pemda Parigi Moutong Dapat Suntikan Dana Rp 24,3 Miliar dari Gubernur Rusdy Mastura

16 Juni 2024 - 12:58 WITA

Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut dan diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo.

Kota Palu Raih Penghargaan TPID Kabupaten/Kota Berkinerja Terbaik di Sulawesi

15 Juni 2024 - 10:45 WITA

Satgas Tangkap 9 Juru Parkir Liar di Palu

14 Juni 2024 - 09:42 WITA

Kota Palu Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk ke-10 Kalinya

27 Mei 2024 - 21:44 WITA

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

Trending di News