Menu

Mode Gelap

News · 6 Mei 2023 17:20 WITA ·

Lewat WKRI, Nancy Fisher Ingin Menyuarakan Hak Perempuan di Kota Palu

badge-check

Redaksi


 Ketua DPC WKRI Kota Palu Nancy Fisher. Foto: istimewa Perbesar

Ketua DPC WKRI Kota Palu Nancy Fisher. Foto: istimewa

Melalui organisasi Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) DPC Santo Paulus Palu, Nancy Fisher mengaku ingin menyuarakan hak perempuan di Kota Palu.

Hal itu diutarakannya saat menggelar konferensi cabang (Konfercab) di Hotel Marry Glow, Jalan Pattimura, Kelurahan Lolu Utara, Kecamatan Palu Timur, Sabtu 7 Mei 2023.

“Besar harapan kami pengurus baru yang akan terpilih kiranya dapat membawa wkri ini menjadi salah satu organisasi dimana dapat menyuarakan suara perempuan,” ujar Nancy Fisher.

Kegiatan yang mengangkat tema ‘WKRI meningkatkan kualitas organisasi gereja dan masyarakat’ itu dihadiri pengurus dari 5 ranting dengan jumlah total peserta sekitar 55 orang.

“Konfercab ini nantinya akan memilih struktur pengurus WKRI untuk meneruskan program kerja dan juga memperoleh ruang seluas-luasnya dalam menyuarakan segala aspirasi,” cetusnya.

Lanjut Nancy Fisher, pengurus yang terpilih nantinya akan bekerja selama kurung waktu 3 tahun dan berkolaborasi dengan pemerintah dalam mempromosikan umkm, galang dana, hingga menyuarakan hak kaum perempuan yang ada di Kota Palu sendiri.

“Kami sangat bersyukur pak wali kota memberikan ruang seperti Ormas lainnya bisa berkoordinasi, hingga bisa berkolaborasi dengan pemerintah kota ,” tambahnya.

Diketahu bahwa, selain sebagai organisasi kemasyarakatan yang mengurus kehidupan sosial perempuan, WKRI juga merupakan salah satu organisasi keagamaan yang beranggotakan perempuan-perempuan Indonesia yang beragama Katolik.

Dimana organisasi ini berperan sebagai fasilitator bagi perempuan-perempuan.

Tujuan pembentukan organisasi wanita Katolik saat itu adalah meningkatkan kedudukan dan upah/kesejahteraan buruh wanita, melalui pendidikan membaca dan menulis serta berbagai keterampilan.

Adapun pendiri dari WKRI ialah Maria Soelastri Sasraningrat, dia sangat erat melekat dengan sebuah Organisasi perempuan Katolik yaitu Wanita Katolik RI. Beliau adalah penggagas, pendiri, dan penggerak Organisasi ini.

WKRI berdiri bahkan saat Indonesia belum merdeka, dimana WKRI didirikan pada tanggal 26 Juni 1924 dengan nama Poesara Wanita Katholiek.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

YPKN Sosialisasikan Bahaya Kanker dan Tumor di Parigi Moutong

26 Februari 2024 - 20:19 WITA

Ratusan Mahasiswa Untad Palu Geluti Studi Independen Kelurahan Cantik

26 Februari 2024 - 19:42 WITA

Cek Fakta: Salah, Video Ribuan TKA China di Morowali

26 Februari 2024 - 19:06 WITA

Waspada Video dengan Klaim Pemilih Siluman

26 Februari 2024 - 18:44 WITA

Waspada, Video Hoaks Pengungsi Rohingya Beredar Selama Tahapan Pemilu 2024

25 Februari 2024 - 18:26 WITA

Rangking Satu HPSN 2024 Resmi Digelar di Palu

24 Februari 2024 - 17:32 WITA

Trending di News