Menu

Mode Gelap

News · 13 Mar 2023 13:56 WITA ·

KPK Sambangi Untad, Ini Penjelasan Rektor Prof Amar

badge-check

Redaksi


 Rektor Universitas Tadulako Prof Amar. Foto : tim PaluPoso.id Perbesar

Rektor Universitas Tadulako Prof Amar. Foto : tim PaluPoso.id

Dua petugas Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menyambangi Universitas Tadulako, di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Senin, 13 Maret 2023.

Rektor Untad, Prof Amar menjelaskan, kedatangan dua pegawai KPK itu untuk melakukan monitoring dan evaluasi terkait sistem penerimaan mahasiswa baru dari rentang waktu 2020 sampai 2022, khususnya jalur mandiri. Termasuk aturan-aturan dalam sistem penerimaan mahasiswa baru di Untad.

Prof Amar menambahkan, bahwa tidak hanya Untad saja yang menjadi tujuan monitoring dan evaluasi dua pegawai KPK itu, tetapi masih ada enam universitas lainnya.

“Hari ini memang kita kedatangan tim dari KPK dua orang, kemudian dari Dirjen empat orang. Maksud kedatangan mereka itu untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap sistem penerimaan mahasiswa baru di Universitas Tadulako dari tahun 2020 sampai 2022,” ujar Prof Amar.

Prof Amar mengatakan, untuk di Untad sendiri, terdapat tiga Fakultas yang menjadi sampel, yakni Fakultas Tehnik, Ekonomi dan Kedokteran.

“Yang dimintai keterangan tentunya mantan rektor, karena beliau masih bertugas pada waktu itu, kemudian pak Lukman dan para Dekan lainnya, dan kita sudah menyerahkan data-datanya juga. Tentunya mereka akan mempelajari data tersebut, apabila ada hal-hal yang tidak jelas, mereka akan melakukan konsolidasi,” bebernya.

Prof Amar menegaskan, kedatangan kedua pegawai KPK RI itu bukan dikarenakan adanya dugaan tindakan korupsi ataupun kasus lainnya. Tetapi kedatangan pegawai KPK ini justru untuk memperbaiki sistem penerimaan mahasiswa baru ke depannya.

“Kan ini banyak avirmasi-avirmasi seperti dulu yang melakukan, dan semua itu dipersiapkan, seperti sistem penilaian, tata caranya,” ujarnya.

“Antisipasi ini juga sebenarnya mungkin akan merubah sistem penerimaan mandiri ke depan, tidak lagi manual tapi online juga agar transparansi ini semakin bagus,” kata Profesor Amar.

 

Artikel ini telah dibaca 34 kali

Baca Lainnya

Pemkot Palu Larang Peserta Didik Bawa Kendaraan ke Sekolah

18 Juli 2024 - 15:13 WITA

Siswa Mengendarai Sepeda Motor ke Sekolah

Akui Bersalah, Dirlantas Polda Sulteng Minta Maaf ke Jurnalis SCTV Palu

18 Juli 2024 - 13:33 WITA

Dirlantas Polda Sulteng Kombes Pol Dodi Darjanto menyampaikan permohonan maaf kepada Syamsuddin Tobone, Jurnalis SCTV Palu

Dirlantas Polda Sulteng Dikecam Diduga Lecehkan Wartawan SCTV Palu

18 Juli 2024 - 12:44 WITA

Jagokan Erwin Burase di Pilkada 2024, Ini Harapan Petani Parigi Moutong

17 Juli 2024 - 14:39 WITA

Jagokan Erwin Burase di Pilkada 2024, Ini Harapan Petani Parigi Moutong

Pertama di Sulteng, 24 Bus TransPalu Akan Beroperasi Oktober 2024

17 Juli 2024 - 11:12 WITA

Wali Kota Palu meninjau langsung progres pengerjaan Bus TransPalu di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa, 16 Juli 2024.

Erwin Burase Resmi Buka Turnamen Badminton Armanda 2024 di Parigi Moutong

15 Juli 2024 - 16:12 WITA

Erwin Burase Resmi Buka Turnamen Badminton Armanda 2024 di Parigi Moutong, Minggu malam, 14 Juli 2024
Trending di News