Menu

Mode Gelap

Cek Fakta · 26 Mar 2024 00:10 WITA ·

Hoaks: Beredar Akun WhatsApp Catut Nama Kadis Kominfo Palu

badge-check

Redaksi


 Dokumen Diskominfo Palu. Perbesar

Dokumen Diskominfo Palu.

Dalam beberapa hari terakhir, Dinas Komunikasi dan Informatika atau Diskominfo Kota Palu heboh. Sejumlah Staf mengaku mendapat telpon dari kepala dinas Muhamad Ridwan Karim yang menanyakan bendahara.

Seorang staf Diskominfo Palu mengatakan mulanya mendapat pesan dari kontak WhatsApp +62 822-2111-2597 pada Senin 25 Maret 2024, pukul 13.20 WITA, dengan foto profil Muhamad Ridwan Karim. Setelah direspon, nomor kontak tersebut langsung melakukan panggilan yang isinya menanyakan keberadaan bendahara. Namun pelaku tidak menjelaskan alasannya menanyakan bendahara. Merasa janggal, sang staf lalu mencari tahu kebenaran nomor telepon tersebut dan ternyata bukan milik bosnya.

Benarkah Kadis Kominfo Kota Palu Telpon Sejumlah Staf Menanyakan Bendahara?

HASIL VERIFIKASI

Kadis Kominfo Kota Palu Muhamad Ridwan Karim memastikan bahwa nomor yang digunakan pelaku bukanlah nomor kontaknya. Pelaku juga telah mencatut fotonya untuk digunakan sebagai foto profil.

“Itu bukan saya, bukan nomor saya,” tegas Ridwan seperti yang disampaikan oleh Pejabat Fungsional Pranata Humas Ahli Muda Dinas Kominfo Kota Palu, Andi Chandra kepada PaluPoso.id, Senin, 25 Maret 2024.

Untuk memastikan kejadian itu tidak berulang dan semakin meluas, Dinas Kominfo Kota Palu telah menyebarkan poster berisi peringatan waspada penipuan.

“Waspada penipuan. Beredar akun WhatsApp mengatasnamakan Muhamad Ridwan Karim. Mohon tidak mempercayai/merespon apapun yang ditawari akun tersebut,” bunyi peringatan di poster.

Dinas Kominfo Kota Palu juga mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap modus penipuan semacam ini yang mengatasnamakan pejabat atau Kepala Dinas Kominfo, terutama yang meminta informasi pribadi atau lainnya.

KESIMPULAN

Berdasarkan verifikasi Tim Cek Fakta PaluPoso.id, klaim bahwa Kepala Diskominfo Kota Palu Telpon Sejumlah Staf Menanyakan Bendahara adalah keliru. Kadis Kominfo Kota Palu Muhamad Ridwan Karim memastikan bahwa nomor yang digunakan pelaku bukanlah nomor kontaknya. Pelaku juga telah mencatut fotonya untuk digunakan sebagai foto profil.

TIM CEK FAKTA PALU POSO.ID

PaluPoso.id salah satu media siber yang tergabung dalam koalisi CekFakta.com. CekFakta.com adalah sebuah proyek kolaboratif pengecekan fakta yang diinisiasi MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia), AJI (Aliansi Jurnalis Independen) dan AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia).

Ikuti Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 41 kali

Baca Lainnya

Sekot Irmayanti Tinjau Pasar Masomba Pasca-Kebakaran

20 April 2024 - 18:50 WITA

Sekot Palu Irmayanti Tinjau Pasar Masomba Pasca-Kebakaran

Pemkot Palu Raih Peringkat 1 dalam PPD Sulawesi Tengah 2024

18 April 2024 - 23:10 WITA

Wakil Wali Kota Palu, dr Reny Lamadjido menunjukkan trofi dan sertifikat penghargaan PPD Provinsi Sulawesi Tengah

Sekda Zulfinasran Pimpin Rapat Persiapan Launching Aplikasi Srikandi

18 April 2024 - 22:50 WITA

Sekda Zulfinasran Pimpin Rapat Persiapan Launching Aplikasi Srikandi

Damkar Palu Bantu Korban Banjir Bandang Sigi

18 April 2024 - 12:47 WITA

Lebaran Ketupat di Bantaya: Tradisi, Kolaborasi, dan Penggerak Ekonomi Lokal

17 April 2024 - 23:15 WITA

Perjalanan Inspiratif Gunawan dari Poso Menuju Australia

16 April 2024 - 15:03 WITA

Trending di News