Menu

Mode Gelap

News · 13 Apr 2023 18:35 WITA ·

Guru dan Kepala Sekolah di Palu Diikutkan Program Magang, Hadianto: Menguatkan Kepercayaan Diri

badge-check

Redaksi


 Wali Kota Palu Hadianto Rasyid bersama pihak Sampoerna melakukan pertemuan dengan guru dan kepala sekolah. Foto: Humas Pemkot Palu Perbesar

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid bersama pihak Sampoerna melakukan pertemuan dengan guru dan kepala sekolah. Foto: Humas Pemkot Palu

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid mengikut sertakan guru dan kepala sekolah di Palu dalam program magang.

Pertemuan itu dihadiri pihak Sampoerna dan digelar di ruang pertemuan Wali Kota Palu, Jumat, 13 April 2023.

Pertemuan kali ini merupakan realisasi dari program Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu berkaitan dengan peningkatan kapasitas kepala sekolah dan guru.

“Pertemuan ini terkait magang. Ini merupakan realisasi kedua. Kemarin kita belum didampingi Sampoerna, tahun ini sudah didampingi pihak Sampoerna,” ujar Hadianto Rasyid.

Menurutnya, manajemen yang baik, akan membuat organisasi tumbuh dengan baik pula.

Begitupun di sekolah. Manajemen sekolah yang baik, akan membawa sekolah itu tumbuh baik pula.

Oleh karena itu, katanya melalui pelaksanaan magang ini, dirinya ingin lebih memantapkan kepala sekolah dan guru agar mampu mentransfer apa yang menjadi tujuan dari pemerintah terkait pendidikan.

“Kalau ingin sekolah bagus, yang dimantapkan itu manajernya dulu atau pimpinannya dulu. Diharapkan dari pimpinannya itu mampu mendeliver apa yang menjadi goals dari kita pemerintah terkait pendidikan,” jelasnya.

Oleh karena itu, Hadianto Rasyid sangat bersyukur dan berterima kasih, karena dalam program magang yang kedua kali ini, Pemerintah Kota Palu dapat bekerjasama dengan pihak Sampoerna.

Ia menyatakan pengiriman kepala sekolah dan guru keluar daerah untuk melaksanakan magang ini, bukan berarti menandakan pendidikan di Kota Palu tertinggal.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kepala sekolah dan guru dari Kota Palu yang telah mendapatkan penghargaan secara nasional.

Namun demikian, kata Hadianto Rasyid, pelaksanaan magang ini akan semakin menguatkan diri para kepala sekolah dan guru untuk mengadopsi sekolah lain, berkaitan dengan mana saja yang belum diterapkan hingga belum kuasai.

“Supaya khazanah kepimpinan kepala sekolah semakin menguat. Karena majunya sekolah itu tergantung dari kepala sekolah. Kalau kepala sekolahnya mampu memenajemen dengan baik seluruh stakeholder dalam sekolah, maka saya yakin kita akan lebih baik. Apalagi dengan reward yang kita berikan, seperti Rp2 miliar untuk sekolah berprestasi dan lainnya,” kata Hadianto Rasyid.

Hadianto Rasyid menginginkan, mulai hari ini kepala sekolah mulai identifikasi apa yang menjadi kekurangan dari sekolahnya masing-masing, agar hal itu menjadi fokus kepala sekolah yang melaksanakan magang.

“Kita harus tahu, apa kelemahan kita, supaya kita mempelajari dalam waktu tiga bulan magang ini. Sehingga masuk tiga bulan yang kita lewati, betul-betul berjalan efektif. Jangan sporadis. Identifikasi apa yang jadi kelemahan kita dan kita jangan malu mengakuinya,” tekannya.

Ia juga menekankan agar para kepala sekolah membuat perencanaan seperti analisa perubahan, setelah melaksanakan magang. Agar dapat diketahui outcame dari program magang kepala sekolah dan guru ini.

Kalau hal tersebut dapat diketahui dengan baik dan sesuai dengan target, maka Pemerintah Kota Palu akan semakin termotivasi untuk melakukan penguatan peningkatan kapasitas kepala sekolah dan guru.

Hadianto Rasyid juga mengatakan, para siswa tidak terasa silih berganti meninggalkan para guru.

Jangan sampai, para guru, ditinggalkan oleh siswa yang belum cukup bekal sesuai dengan level pendidikan yang akan dimasuki.

“Kalau dia SD, harus betul-betul kita jadikan mereka yang siap dan pantas di SMP. Begitupun kalau dia SMP, kita harus betul-betul jadikan mereka siap dan pantas di SMA,” jelasnya.

Hadianto Rasyid menyatakan sekolah merupakan kunci dari keberhasilan para siswa.

Sehingga perlunya kepala sekolah membuat perencanaan yang baik dan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan mereka.

“Magang ini bukan berarti kita rendah, malah dengan magang keluar ini, semakin menguatkan mentalitas dab kepercayaan diri kita dalam mengelola sekolah,” imbuhnya.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News