Menu

Mode Gelap

News · 10 Sep 2023 18:36 WITA ·

Gempa Donggala, BPBD: 920 Warga Mengungsi dan 5 Rumah Rusak

badge-check

Redaksi


 Suasana warga mengungsi pascagempa di Donggala, Minggu, 10 September 2023. Foto: Istimewa Perbesar

Suasana warga mengungsi pascagempa di Donggala, Minggu, 10 September 2023. Foto: Istimewa

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah, Akris Fatah, mengonfirmasi adanya gempa dengan kekuatan magnitudo 6,3 yang melanda Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada Sabtu malam, 9 September 2023. Meskipun gempa ini cukup kuat, berita baiknya adalah tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam peristiwa ini.

Akris mengungkapkan bahwa akibat gempa tersebut, sebanyak 5 rumah mengalami kerusakan ringan. Mayoritas kerusakan yang terlihat adalah retak-retak pada struktur bangunan. Dalam upaya memastikan akurasi data dan mencegah kerugian bagi masyarakat, BPBD melakukan pemantauan intensif di lapangan.

Hingga siang ini, sekitar 920 jiwa masih mengungsi di 11 titik pengungsian yang tersebar di beberapa desa, termasuk Desa Labean, Desa Palau, dan Desa Pomolulu. Masyarakat yang mengungsi berada di berbagai lokasi, mulai dari depan teras rumah hingga lapangan sepak bola.

Data terakhir dari BPBD Provinsi Sulawesi Tengah menunjukkan bahwa sekitar 3.780 orang terdampak oleh gempa ini. Akris mengucapkan syukur karena tidak ada korban jiwa, dan ia memuji keberanian serta kedisiplinan masyarakat dalam mengikuti petunjuk evakuasi dan tindakan darurat. Hal ini berkontribusi besar dalam meminimalkan risiko terhadap jiwa dan keselamatan mereka.

Suasana warga mengungsi pascagempa di Donggala, Minggu, 10 September 2023. Foto: Istimewa

BPBD Provinsi Sulawesi Tengah, bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terus bekerja keras untuk memberikan bantuan dan dukungan yang diperlukan kepada masyarakat yang terdampak. Upaya pemulihan dan rehabilitasi juga akan segera dilaksanakan agar masyarakat dapat kembali ke kehidupan normal mereka secepat mungkin.

Selain itu, tim dari BPBD Sulteng juga sedang melakukan identifikasi kerusakan pada fasilitas umum seperti sarana pendidikan, rumah ibadah, dan fasilitas kesehatan. Data terkait bangunan pemerintah juga tengah dalam proses pendataan.

BPBD Sulteng juga telah menetapkan status tanggap darurat untuk wilayah yang terdampak gempa di Kabupaten Donggala, yang berlaku hingga tujuh hari ke depan. Semua upaya dilakukan untuk memastikan pemulihan dan keamanan wilayah yang terdampak.

Artikel ini telah dibaca 138 kali

Baca Lainnya

Satgas Tangkap 9 Juru Parkir Liar di Palu

14 Juni 2024 - 09:42 WITA

Kota Palu Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk ke-10 Kalinya

27 Mei 2024 - 21:44 WITA

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.
Trending di News