Menu

Mode Gelap

News · 27 Feb 2024 13:54 WITA ·

Gedung Universitas Terbuka Palu Diresmikan, Momentum Pengembangan Sumber Daya Manusia

badge-check

Redaksi


 Gedung Universitas Terbuka (UT) Palu, diresmikan, Selasa 27 Februari 2024. Gedung baru ini berlokasi di Jalan Pendidikan, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Foto: Istimewa Perbesar

Gedung Universitas Terbuka (UT) Palu, diresmikan, Selasa 27 Februari 2024. Gedung baru ini berlokasi di Jalan Pendidikan, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Foto: Istimewa

Wali Kota Palu, diwakili Asisten 2 Pemerintah dr. Husaema meresmikan Gedung Universitas Terbuka (UT) Palu yang berlokasi di Jalan Pendidikan, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa 27 Februari 2024.

Dalam sambutannya, dr. Husaema menyatakan bahwa peresmian Gedung Universitas Terbuka Palu menjadi momentum penting dalam menyelesaikan masalah-masalah mendasar di bidang pendidikan dan persiapan strategis dalam pengembangan sumber daya manusia.

“Di saat bonus demografi tengah berlangsung, di mana usia kerja mendominasi proporsi penduduk Indonesia, kita harus memastikan tersedianya peluang kerja sebanyak mungkin dengan meningkatkan kapasitas SDM kita,” ujarnya.

Dia menekankan bahwa kurikulum harus mampu menanggapi kebutuhan pasar dan tenaga kerja, sambil tetap memperhatikan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Keberadaan Universitas Terbuka Palu tidak hanya mempermudah proses belajar-mengajar melalui pemanfaatan teknologi, tetapi juga harus mampu meningkatkan IPM di Kota Palu, Sulawesi Tengah, bahkan di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Dalam konteks IPM, dr. Husaema mengungkapkan bahwa capaian IPM Kota Palu pada 2023 mencapai 83,71 poin, mencerminkan tingkat pembangunan manusia yang sangat tinggi dalam lima tahun terakhir.

“IPM Kota Palu rata-rata tumbuh sebesar 0,67 poin setiap tahunnya, dengan dimensi kesehatan, pendidikan, dan ekonomi sebagai faktor penentu utama,” jelasnya.

Asisten 2 Pemerintah dr. Husaema meresmikan Gedung Universitas Terbuka (UT) Palu yang berlokasi di Jalan Pendidikan, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa 27 Februari 2024. Foto: Tim PaluPoso.id

Menyoroti dimensi kesehatan, dia menyebutkan bahwa usia harapan hidup di Kota Palu pada 2023 meningkat menjadi 73,71 tahun, menandakan tren positif dalam pembangunan kesehatan, yang dicapai melalui kerja sama antara pemerintah dan masyarakat setempat.

Sementara itu, dari segi pendidikan, harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah penduduk Kota Palu juga mengalami peningkatan yang menggembirakan.

Dalam aspek ekonomi, dr. Husaema menyebutkan bahwa pengeluaran per kapita penduduk Kota Palu juga mengalami peningkatan, seiring dengan penurunan tingkat pengangguran terbuka.

Meskipun demikian, ia menekankan perlunya perguruan tinggi untuk terus beradaptasi dengan perubahan cepat dalam kondisi dan kebutuhan pasar kerja.

“Dengan peresmian gedung baru UT, dengan adanya fasilitas baru ini akan semakin meningkatkan semangat dalam membangun sumber daya manusia di Kota Palu, Sulawesi Tengah, dan seluruh Indonesia,” ujarnya. *(SR)

Follow Berita PaluPoso.id di Google News

Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Perjalanan Inspiratif Gunawan dari Poso Menuju Australia

16 April 2024 - 15:03 WITA

Pj Bupati Parimo, Richard: Mari Pererat Tali Silaturahmi

9 April 2024 - 23:38 WITA

Golkar Tugaskan Erwin Burase di Pilkada Parimo

6 April 2024 - 22:28 WITA

Pemda Sulteng Serahkan Dana Hibah Rp 27 M ke TNI-Polri untuk Pengamanan Pilkada 2024

5 April 2024 - 23:19 WITA

DPRD Apresiasi LKPJ Bupati Parimo Tahun 2023

4 April 2024 - 22:14 WITA

Bupati dan Kapolres Parimo Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala 2024

3 April 2024 - 23:43 WITA

Trending di News