Menu

Mode Gelap

Kriminal & Hukum · 4 Mei 2023 17:38 WITA ·

Aktivis Agraria Sulteng Puji Tindakan Berani Bupati Sigi Tutup Tambang Emas

badge-check

Redaksi


 Tambang Emas Ilegal di Desa Sidondo I, Kecamatan Sigi Biromaru ditutup paksa oleh pemerintah Kabupaten Sigi. Foto: istimewa Perbesar

Tambang Emas Ilegal di Desa Sidondo I, Kecamatan Sigi Biromaru ditutup paksa oleh pemerintah Kabupaten Sigi. Foto: istimewa

Aktivitas agraria Noval A Saputra mendukung tindakan berani Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta bersama Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi yang menutup lubang penambangan emas ilegal di Desa Sidondo I,  Kecamatan Sigi Biromaru, Rabu 3 Mei 2023 Kemarin.

Menurutnya, tindakan berani dan terukur yang dilakukan kedua pemimpin Sigi itu dikarenakan telah belajar banyak hal dari pengalaman.

Pasalnya peristiwa yang ditimbulkan akibat dampak dari aktivitas pertambangan ilegal itu dapat merubah menjadi bencana alam, dan bisa menimbulkan korban jiwa.

“Sebuah tindakan penegakan hukum lingkungan hidup yang beliau lakukan sebagaimana Undang-Undang 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Pasal 63 Ayat (3) Huruf p,” beber Noval A Saputra, Kamis 4 Mei 2023.

Dengan keberanian menutup tambang emas ilegal, Noval A Saputra mengungkapkan, jika kedua pemimpin Sigi itu sangat layak di semadkan sebagai pemimpin yang pro terhadap lingkungan berkelanjutan.

Karena keduanya dianggap telah memberikan sumbangsi sedikit banyak terhadap perubahan iklim dunia yang saat ini mengalami degradasi.

“Konsekuensi dari perubahan iklim saat ini antara lain, kekeringan hebat, kelangkaan air, kebakaran hebat, naiknya permukaan laut, banjir, badai dahsyat dan penurunan keanekaragaman hayati,” sebut Noval A Saputra.

Kalau saja ada izin lingkungan dari pengurus negara yang berwenang, serta ada komitmen dari penanggung jawab usaha, maka akan diikuti dengan pemeliharaan dan pemulihan lingkungan hidup atas pengelolaan dan/atau aktifitas penambangan tersebut.

Baik itu perusahaan ekstraktif maupun perusahaan perorangan, jika melakukan aktifitas dan/atau kegiatan yang tidak taat pada fungsi dari pemeliharaan serta pemulihan lingkungan hidup, sudah selayaknya ditegur dan ditutup.

“Pemimpin daerah seperti Bupati Sigi menjadi contoh bagi Gubernur, Bupati dan Walikota lainnya di Indonesia dalam mengambil keputusan yang berpihak pada masyarakatnya, terlebih bagi lingkungan hidup di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 65 kali

Baca Lainnya

YPKN Sosialisasikan Bahaya Kanker dan Tumor di Parigi Moutong

26 Februari 2024 - 20:19 WITA

Ratusan Mahasiswa Untad Palu Geluti Studi Independen Kelurahan Cantik

26 Februari 2024 - 19:42 WITA

Cek Fakta: Salah, Video Ribuan TKA China di Morowali

26 Februari 2024 - 19:06 WITA

Waspada Video dengan Klaim Pemilih Siluman

26 Februari 2024 - 18:44 WITA

Waspada, Video Hoaks Pengungsi Rohingya Beredar Selama Tahapan Pemilu 2024

25 Februari 2024 - 18:26 WITA

Rangking Satu HPSN 2024 Resmi Digelar di Palu

24 Februari 2024 - 17:32 WITA

Trending di News