Menu

Mode Gelap

News · 2 Mei 2024 17:18 WITA ·

2 Polsek di Palu Berganti Nama

badge-check

Redaksi


 Peresmian dua polsek di Palu berlangsung di halaman kantor Polsek Mantikulore, Kamis 2 Mei 2024. Foto: Istimewa Perbesar

Peresmian dua polsek di Palu berlangsung di halaman kantor Polsek Mantikulore, Kamis 2 Mei 2024. Foto: Istimewa

Dua polsek di Kota Palu, Sulawesi Tengah, resmi berganti nama. Kedua polsek tersebut yakni Polsek Palu Timur berganti nama menjadi Polsek Mantikulore, dan Polsek Palu Utara menjadi Polsek Tawaeli.

Kapolresta Palu Kombes Pol Barliansyah mengatakan perubahan nama kedua polsek tersebut berdasarkan surat keputusan Kapolda Sulteng Nomor Kep/135/11/2024, dan Kep/136/111/2024, tertanggal 18 Maret 2024, tentang perubahan nomenklatur.

“Alhamdulillah, hari ini, telah dilaksanakan pengukuhan nomenklatur Polsek Palu Timur menjadi Polsek Mantikulore dan Polsek Palu Utara menjadi Polsek Tawaeli,” kata Barliansyah pada acara peresmian dua polsek tersebut di halaman kantor Polsek Mantikulore, Kamis 2 Mei 2024.

Kapolresta Palu mengatakan bahwa saat ini Kota Palu memiliki 8 kecamatan berdasarkan peraturan daerah No 4 Tahun 2012, tentang pembentukan kecamatan di wilayah Kota Palu. Sehingga tugas dan tanggung jawab dalam menjaga kamtibmas akan semakin berat, bahkan bila tidak dikelola dengan baik dapat mengancam persatuan dan kesatuan, keamanan nasional serta kedaulatan negara.

Pada tahun-tahun yang lalu, keamanan dalam negeri hanya berfokus pada ancaman tradisional, namun seiring perkembangan informasi dan teknologi bentuk ancaman pun bertransformasi seperti munculnya ancaman digital.

Dengan munculnya ancaman-ancaman baru ini, katanya, lingkup dari upaya mewujudkan dan mempertahankan keamanan dalam negeri pun semakin kompleks.

“Guna memenuhi hal tersebut, maka Polresta Palu melakukan penguatan kelembagaan salah satunya melakukan perubahan nomenklatur Polsek Palu Timur menjadi Polsek Mantikulore dan Polsek Palu Utara menjadi Polsek Tawaeli, ini sebagai dasar untuk membentuk satuan baru yakni Polsubsektor Palu Timur dan Polsubsektor Palu Utara,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolresta Palu juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Wali Kota Palu yang telah mendukung perubahan nomenklatur kedua polsek tersebut. Selain dukungan itu, Wali Kota Palu juga memberikan lahan yang berlokasi di Kelurahan Mamboro untuk pembangunan Polsek Palu Utara dan lahan yang berlokasi di Kelurahan Nunu untuk pembangunan Polsek Tatanga.

“Serta kami juga menyampaikan kepada Wali Kota Palu bahwa satu polsek lagi ke depannya yang belum memiliki lokasi yaitu Polsek Ulujadi,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Palu diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu Moh Rizal, Rektor Untad Profesor Amar, Kepala BPS Palu, pejabat TNI, Camat, Lurah, dan stakeholder lainnya.

Ikuti Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News