Menu

Mode Gelap

Bisnis · 15 Sep 2023 22:08 WITA ·

Wapres Ma’ruf Amin Bangun Kerja Sama dengan Fujian, Republik Rakyat Tiongkok

badge-check

Redaksi


 Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu dengan Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Provinsi Fujian Zhou Zuyi. Foto: Dok. Setwapres
Perbesar

Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu dengan Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Provinsi Fujian Zhou Zuyi. Foto: Dok. Setwapres

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin telah memulai kunjungan kerjanya ke Provinsi Fujian dengan pertemuan penting bersama Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Provinsi Fujian, Zhou Zuyi, pada Jumat, 15 September 2023.

Dalam pertemuan ini, Wapres Ma’ruf Amin menyoroti tiga poin utama yang bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Provinsi Fujian.

Pertama-tama, Wapres Ma’ruf Amin menekankan pentingnya penguatan kerja sama perdagangan, khususnya dalam sektor produk halal. Provinsi Fujian dianggap sebagai pintu masuk strategis bagi produk Indonesia ke pasar Tiongkok.

Wapres juga mencatat potensi kerja sama di bidang farmasi dan kosmetik halal, mengingat pasar muslim Indonesia yang besar.

Kunci penguatan kerja sama kedua adalah investasi. Wapres Ma’ruf Amin berharap Pemerintah Provinsi Fujian dapat mendorong investasi dari pelaku bisnis Fujian di sektor penting Indonesia, seperti investasi baterai kendaraan listrik perusahaan Contemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL) dalam sektor ekonomi hijau. Dia juga mendorong investasi di sektor perikanan dan industri pengolahan hasil laut.

Ketiga, Wapres Ma’ruf Amin menekankan pentingnya hubungan antarmanusia berdasarkan hubungan sejarah dan kekerabatan antara Fujian dan Indonesia.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin berharap Pemerintah Provinsi Fujian dapat mendukung kerja sama pendidikan dengan memberikan lebih banyak beasiswa bagi pelajar Indonesia ke Fujian dan kerja sama pendidikan vokasi.

Zhou Zuyi, Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Provinsi Fujian, menyambut baik kerja sama yang telah terjalin dan menyoroti kesuksesan proyek Two Countries Twin Parks (TCTP).

Dia juga berharap adanya kerja sama lebih lanjut dalam sektor-sektor industri penting seperti pertanian, permesinan, elektronik, dan pertambangan hijau. Zhou Zuyi juga menginginkan kerja sama yang lebih erat dalam bidang kelautan dan perikanan serta pertukaran pelajar yang lebih intensif antara Fujian dan Indonesia.

Pertemuan ini menandai langkah positif dalam memperkuat kerja sama ekonomi dan budaya antara Indonesia dan Provinsi Fujian, Republik Rakyat Tiongkok.

Berita Sulawesi Tengah Terbaru dan Terupdate

Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

YPKN Sosialisasikan Bahaya Kanker dan Tumor di Parigi Moutong

26 Februari 2024 - 20:19 WITA

Ratusan Mahasiswa Untad Palu Geluti Studi Independen Kelurahan Cantik

26 Februari 2024 - 19:42 WITA

Cek Fakta: Salah, Video Ribuan TKA China di Morowali

26 Februari 2024 - 19:06 WITA

Waspada Video dengan Klaim Pemilih Siluman

26 Februari 2024 - 18:44 WITA

Waspada, Video Hoaks Pengungsi Rohingya Beredar Selama Tahapan Pemilu 2024

25 Februari 2024 - 18:26 WITA

Rangking Satu HPSN 2024 Resmi Digelar di Palu

24 Februari 2024 - 17:32 WITA

Trending di News