Menu

Mode Gelap

News · 10 Nov 2023 14:20 WITA ·

Upacara Hari Pahlawan Nasional di Parigi Moutong Berlangsung Khidmat

badge-check

Redaksi


 Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di Parigi Moutong Berlangsung Khidmat. Foto: Diskominfo Parimo Perbesar

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di Parigi Moutong Berlangsung Khidmat. Foto: Diskominfo Parimo

Adv

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat, 10 November 2023, berlangsung khidmat.

Upacara tersebut dipimpin langsung Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo, di halaman Kantor Bupati Parigi Moutong.

Dalam amanatnya, Pj Bupati Richard Arnaldo menyampaikan pesan dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini. Dia mengingatkan bahwa Hari Pahlawan, terutama pada tahun ini yang ke-78, adalah momen bersejarah bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada peringatan kali ini, tema yang diusung adalah “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.” Tema ini dipilih untuk memberikan inspirasi dalam mengatasi tantangan zaman modern, termasuk ancaman penjajahan yang semakin nyata.

Pj Bupati menyoroti kekayaan alam Indonesia, seperti tanah yang subur, hasil laut melimpah, dan beragam mineral yang terkandung di dalam bumi. Ini, menurutnya, merupakan tantangan sekaligus peluang bagi generasi penerus untuk mengelola sumber daya alam dan potensi penduduk demi kejayaan bangsa dan negara.

Dengan semangat pahlawan sebagai pedoman, Pj Bupati menyatakan keyakinannya bahwa ancaman dan tantangan yang dihadapi dapat diatasi.

Adv

“Tidak mudah menang, tapi pasti bisa. Karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan,” ujar Pj Bupati Richard Arnaldo.

Pahlawan, dalam pandangan beliau, adalah mereka yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas segalanya.

Pj Bupati juga menyampaikan rasa syukurnya karena semangat untuk memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan kini terasa di seluruh pelosok negeri. Semangat ini, menurutnya, berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa pada tahun 1945.

Semangat tersebut, katanya, mengajak untuk menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Bersama-sama, masyarakat diharapkan dapat bersatu dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Pj Bupati Richard Arnaldo juga mengajak untuk terus memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, menuju masa depan yang lebih baik.

“Kita bersama-sama membangun usaha dan ekonomi kerakyatan, menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” tutup Pj Bupati. *(Tim)

Follow PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya

Kota Palu Raih Adipura, Hadianto Rasyid: Ini Bukti Kerja Keras dan Komitmen Bersama

4 Maret 2024 - 09:04 WITA

50 Peserta Ikuti Tournament Body Contest 2024 di Parigi Moutong

3 Maret 2024 - 17:05 WITA

Wakili Bupati Parimo, Adrudin Nur Hadiri HUT ke-129 Kota Poso

3 Maret 2024 - 15:31 WITA

Kabar Baik! Kota Palu Raih Adipura untuk Kebersihan dan Pengelolaan Lingkungan

2 Maret 2024 - 23:00 WITA

TPA Poi Panda Kelurahan Kawatuna. Foto: Istimewa

Kota Palu Raih Peringkat 9 dalam Kompetisi Skill Petugas Damkar Tingkat Nasional

1 Maret 2024 - 21:27 WITA

Kelompok Remaja Serang Polisi di Palu, 1 Tewas

1 Maret 2024 - 13:28 WITA

Trending di News