Menu

Mode Gelap

Cek Fakta · 17 Mar 2024 15:32 WITA ·

Tidak Benar, Ombak Setinggi 20 Meter Bakal Terjang Yogyakarta

badge-check

Redaksi


 Tidak Benar, Ombak Setinggi 20 Meter Bakal Terjang Yogyakarta Perbesar

Sebuah klaim di YouTube pada 15 Maret 2024, mengklaim bahwa akan terjadi peristiwa gelombang setinggi 20 meter meluap dan memusnahkan wilayah Yogyakarta.

Dari klaim di YouTube tersebut, narasi yang dibuat itu begini. BENCANA ALAM TERBARU ~ YOGYAKARTA MUSNAH,GELOMBANG TINGGI 20 METER MENGAMUK HINGGA MELUAP.

HASIL CEK FAKTA

Penelusuran Tim CekFakta.com bahwa, setelah disimak ternyata isi video tersebut hanya berisi tentang perkiraan BMKG mengenai tinggi gelombang laut selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya wilayah Samudra Hindia selatan Jabar-DIY berpotensi mencapai 4-6 meter sehingga masuk kedalam kategori sangat tinggi.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan gelombang tinggi hingga sangat tinggi di laut selatan Jabar-DIY tersebut masih berpotensi terjadi hingga 14 Maret 2024.

Peningkatan gelombang tinggi dipicu oleh pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan yang umumnya bergerak dari barat daya hingga barat laut dengan kecepatan 6-35 knot. Selain itu, peningkatan tinggi gelombang tersebut juga dipicu oleh munculnya bibit siklon tropis 91S di Samudra Hindia selatan Pulau Jawa dan bergerak ke arah tenggara.

Isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang setinggi 20 meter yang memusnahkan Yogyakarta. Selain itu, narator juga hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “BMKG prakirakan tinggi gelombang laut selatan Jabar-DIY enam meter” yang diterbitkan oleh Antara News.

KESIMPULAN

Faktanya isi video tersebut hanya berisi imbauan dari BMKG mengenai potensi gelombang setinggi 4-6 meter di laut selatan Jabar-DIY, selain dari itu tidak ditemukan informasi yang membenarkan adanya peristiwa gelombang setinggi 20 meter yang melanda Yogyakarta.

Rujukan

https://www.antaranews.com/berita/4006962/bmkg-prakirakan-tinggi-gelombang-laut-selatan-jabar-diy-enam-meter

Sumber

https://cekfakta.com/focus/16704

Publish date : 2024-03-17

PaluPoso.id, salah satu media siber yang tergabung dalam koalisi CekFakta.com. CekFakta.com adalah sebuah proyek kolaboratif pengecekan fakta yang diinisiasi MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia), AJI (Aliansi Jurnalis Independen) dan AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia).

TIM CEK FAKTA PALUPOSO.ID

Follow Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

Sekot Irmayanti Tinjau Pasar Masomba Pasca-Kebakaran

20 April 2024 - 18:50 WITA

Sekot Palu Irmayanti Tinjau Pasar Masomba Pasca-Kebakaran

Pemkot Palu Raih Peringkat 1 dalam PPD Sulawesi Tengah 2024

18 April 2024 - 23:10 WITA

Wakil Wali Kota Palu, dr Reny Lamadjido menunjukkan trofi dan sertifikat penghargaan PPD Provinsi Sulawesi Tengah

Sekda Zulfinasran Pimpin Rapat Persiapan Launching Aplikasi Srikandi

18 April 2024 - 22:50 WITA

Sekda Zulfinasran Pimpin Rapat Persiapan Launching Aplikasi Srikandi

Damkar Palu Bantu Korban Banjir Bandang Sigi

18 April 2024 - 12:47 WITA

Lebaran Ketupat di Bantaya: Tradisi, Kolaborasi, dan Penggerak Ekonomi Lokal

17 April 2024 - 23:15 WITA

Perjalanan Inspiratif Gunawan dari Poso Menuju Australia

16 April 2024 - 15:03 WITA

Trending di News