Menu

Mode Gelap

News · 14 Sep 2023 19:07 WITA ·

Puluhan Sekretaris Kota Ikuti Sarasehan Nasional di Bali

badge-check

Redaksi


 Puluhan Sekretaris Kota dari seluruh Indonesia, mengikuti Sarasehan Nasional Kekayaan Intelektual Komunal di Bali, sejak 13-16 September 2023. Foto: Istimewa Perbesar

Puluhan Sekretaris Kota dari seluruh Indonesia, mengikuti Sarasehan Nasional Kekayaan Intelektual Komunal di Bali, sejak 13-16 September 2023. Foto: Istimewa

Sekretaris Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, bersama 20 Sekretaris Kota lainnya dari seluruh Indonesia, mengikuti Sarasehan Nasional Kekayaan Intelektual Komunal di Bali.

Kegiatan yang digelar oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI ini, dilaksanakan sejak 13 – 16 September 2023.

Selain puluhan Sekretaris Kota, Sarasehan Nasional tersebut juga dihadiri 18 perwakilan Sekretaris Daerah provinsi, 24 orang perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan 33 orang perwakilan Kanwil Kemenkumham.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Sucipto menekankan pentingnya upaya pelestarian budaya melalui Kekayaan Intelektual Komunal atau KIK. Hal ini untuk menghindari adanya klaim dari pihak asing terhadap budaya yang dimiliki Indonesia.

“Kita tidak ingin kekayaan budaya Indonesia diakui oleh negara lain. Sehingga pencatatan ini, merupakan langkah defensif dan bagian dari pelindungan keanekaragaman budaya dan hayati, dari ancaman eksploitasi serta pengakuan oleh negara lain,” ujar Sucipto.

Sementara itu, Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan KI, Sri Lastami juga menambahkan bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam melimpah.

Apabila ditambahkan nilai kekayaan intelektual, maka ekonomi Indonesia seharusnya bisa berkembang pesat.

“Orang Jawa bilang Indonesia itu ijo royo-royo, tetapi kita belum bisa memanfaatkan secara maksimal kekayaan kita kalau kita tidak menambahkan unsur kekayaan intelektual bangsa,” ujar Sri Lastami pada kesempatan yang sama.

Hingga saat ini, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual telah mencatatkan 1.742 data KIK di Pusat Data Nasional (PDN). Secara rinci, DJKI mencatat 1.106 Ekspresi Budaya Tradisional, 409 Pengetahuan Tradisional, 99 Potensi Indikasi Geografis, dan 127 Sumber Daya Genetik.

Kegiatan Sarasehan Nasional yang berlangsung hingga 16 September ini akan menampilkan narasumber dari DJKI, Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh/WATAPRI, Penasehat Menteri Hukum dan Ham, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Direktorat Pengembangan Kekayaan Intelektual Industri Kreatif Kemenparekraf, Dekranasda, Expert IG dan Guru Besar UI.

Kegiatan ini diharapkan akan menjadi wadah diskusi yang menghasilkan kebijakan yang menguntungkan bagi masyarakat luas.

Berita Sulawesi Tengah Terbaru dan Terupdate

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News