Menu

Mode Gelap

Bisnis · 15 Sep 2023 20:18 WITA ·

Presiden Jokowi: Maksimalkan Inovasi dalam Hadapi Tantangan Global

badge-check

Redaksi


 Presiden Jokowi menghadiri Sidang Terbuka Dies Natalis ke-60 IPB, Jumat, 15 September 2023, di Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat. Foto: Tangkapan Layar
Perbesar

Presiden Jokowi menghadiri Sidang Terbuka Dies Natalis ke-60 IPB, Jumat, 15 September 2023, di Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat. Foto: Tangkapan Layar

Presiden Jokowi, dalam pidato pada Sidang Terbuka Dies Natalis ke-60 Institut Pertanian Bogor (IPB), menyampaikan pentingnya menghadapi tantangan global dengan inovasi. Dunia saat ini dihadapkan pada berbagai tantangan, mulai dari krisis energi, pangan, hingga disrupsi teknologi dan geopolitik.

Presiden Joko Widodo berpendapat bahwa tantangan-tantangan ini harus dijadikan peluang oleh Indonesia. Dia menekankan perlunya inovasi besar-besaran yang dapat mengubah permasalahan menjadi peluang, khususnya dalam masalah pangan. Presiden berharap bahwa Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia.

“Dengan tantangan-tantangan yang ada, kita perlu inovasi besar-besaran yang bisa menjadi terobosan, yang bisa menjadi langkah besar kita ke depan untuk menjadikan permasalahan pangan dunia sebagai peluang Indonesia untuk menjadi lumbung pangan,” ujar Jokowi, di Kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat, 15 September 2023.

Presiden Jokowi juga menekankan bahwa tidak ada alasan untuk takut dengan tantangan global. Sebaliknya, tantangan tersebut harus dihadapi dengan mencari solusi inovatif. Di bidang pangan, Presiden berharap IPB dapat memainkan peran penting dalam menghasilkan inovasi.

“Krisis pangan dunia terjadi akibat peningkatan jumlah penduduk, perubahan iklim, hingga situasi geopolitik. Ini semua harus diantisipasi dan dipecahkan dengan inovasi. Ini tugas IPB,” tambahnya.

Presiden Jokowi juga mendukung konsep agromaritim yang inklusif dan berkelanjutan yang dikembangkan oleh IPB University sebagai bagian penting dari inovasi ekosistem pangan Indonesia.

Namun, Presiden Jokowi menekankan bahwa untuk mengatasi tantangan ini, dibutuhkan pendekatan multidisiplin ilmu, termasuk teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), big data, dan sistem robotik. Dia juga mengajak semua pihak untuk tidak takut terhadap teknologi, khususnya kecerdasan buatan (AI).

“Jangan alergi dengan teknologi. Jangan takut dengan mesin cerdas, dengan AI. Kita harus mengantisipasi perubahan ini,” tegasnya.

Presiden Jokowi berharap bahwa IPB dapat menjadi tempat untuk menghasilkan sumber daya manusia unggul dengan karakter baik. Dia yakin bahwa IPB University mampu memainkan peran penting dalam mewujudkannya.

“Saya ingin IPB jadi sasana untuk menghasilkan insan-insan unggul yang tidak hanya kompeten di akademik, tapi juga punya karakter yang baik, yang cinta tanah air, yang punya optimisme tinggi, yang selalu ingin membantu sesama,” pungkas Presiden Jokowi.

Berita Sulawesi Tengah Terbaru dan Terupdate

Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Satgas Tangkap 9 Juru Parkir Liar di Palu

14 Juni 2024 - 09:42 WITA

Kota Palu Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk ke-10 Kalinya

27 Mei 2024 - 21:44 WITA

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.
Trending di News