Menu

Mode Gelap

News · 30 Okt 2023 22:13 WITA ·

Presiden Joko Widodo dan 193 Kepala Daerah Bahas Isu Global di Istana Negara

badge-check

Redaksi


 Presiden Joko Widodo dan 193 Kepala Daerah Bahas Isu Global di Istana Negara. Foto: Dok. Humas Kemendagri Perbesar

Presiden Joko Widodo dan 193 Kepala Daerah Bahas Isu Global di Istana Negara. Foto: Dok. Humas Kemendagri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat koordinasi (Rakor) di Istana Negara, Jakarta, Senin, 30 Oktober 2023, yang dihadiri oleh 193 Penjabat (Pj) Kepala Daerah dari berbagai provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia.

Dalam pertemuan ini, para Pj. Gubernur, Bupati, dan Walikota mendapat arahan langsung dari Presiden Jokowi serta beberapa kementerian terkait dan kabinet Indonesia Maju.

Rapat tersebut diinisiasi berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang memfokuskan pada penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan optimalisasi implementasi program strategis nasional.

Presiden Joko Widodo dalam arahannya menyampaikan beberapa isu global yang menjadi perhatian, terutama terkait ketidakpastian ekonomi global, kenaikan suku bunga Amerika yang berdampak pada negara berkembang dengan keluarnya modal, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Perubahan iklim dan dampak El Nino menjadi fokus lain dalam arahan Presiden Jokowi, terutama terkait kekeringan yang mempengaruhi produksi beras dan ketahanan pangan di tujuh provinsi di Indonesia.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyoroti perang antara Rusia dan Ukraina serta krisis kemanusiaan di Palestina akibat invasi yang dilakukan oleh Israel. Hal ini berpotensi memicu keterpurukan ekonomi dan ancaman kelaparan, yang dapat mempengaruhi harga minyak dunia dan berdampak pada naiknya harga BBM di Indonesia serta harga-harga kebutuhan pokok.

Dalam konteks tersebut, Presiden Jokowi menekankan perlunya tindakan konkret dari Pemerintah Daerah untuk meredam kenaikan bahan pokok pangan guna mengendalikan inflasi. Ia juga mendorong seluruh Pj. Kepala Daerah untuk memeriksa langsung stok pasokan dan stabilitas ekonomi di pasar-pasar, mengingat pentingnya ketersediaan dan harga bahan pokok bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnivian, menyoroti beberapa aspek yang menjadi perhatian para Pj. Kepala Daerah, termasuk menjaga inflasi harga pangan, upaya pengentasan kemiskinan, penanganan dampak El Nino, penanganan konflik sosial, serta persiapan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

Rapat tersebut diharapkan menjadi momentum bagi para kepala daerah untuk bersama-sama mengatasi tantangan yang dihadapi, terutama dalam menjaga stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di tengah kondisi global yang tidak menentu.

Ini menunjukkan komitmen pemerintah pusat dalam mendukung pemerintah daerah dalam menghadapi tantangan global serta memastikan pelayanan publik yang baik bagi masyarakat. *(Tim)

Follow Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Waspada, Video Hoaks Pengungsi Rohingya Beredar Selama Tahapan Pemilu 2024

25 Februari 2024 - 18:26 WITA

Rangking Satu HPSN 2024 Resmi Digelar di Palu

24 Februari 2024 - 17:32 WITA

Kenali Model dan Alat Mendeteksi Rekaman Suara AI

23 Februari 2024 - 23:02 WITA

Pemkot Palu: Pajak 10 Persen untuk Kepentingan Rakyat

21 Februari 2024 - 23:06 WITA

pajak daerah

AMSI Harapkan Perpres Publishers Rights Dorong Ekosistem Bisnis Media Jadi Lebih Baik

21 Februari 2024 - 12:14 WITA

Pemkot Palu Target PAD 2024 sebesar Rp 1,6 Triliun

20 Februari 2024 - 22:40 WITA

Trending di Bisnis