Menu

Mode Gelap

News · 1 Mar 2023 14:49 WITA ·

Personel Damkarmat Palu Akan Uji Keterampilan di HUT ke-104 Damkar

badge-check

Redaksi


 Personel Damkarmat Palu Akan Uji Keterampilan di HUT ke-104 Damkar Perbesar

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu Sudaryano R Lamangkona mengucapkan selamat hari jadi Damkar ke-104 yang diperingati setiap tanggal 1 Maret.

Di usia Damkar yang lebih seabad ini, Ia berharap, menjadi moment penambah semangat personil memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam peristiwa kebakaran, non kebakaran maupun bencana lainnya.

“Harapannya dalam peringatan HUT ke-104 Tahun ini semangat pelayanan kepada warga semakin meningkat dalam peristiwa kebakaran, non kebakaran dan bencana lainnya,” ujar Sudaryano R Lamangkona kepada tim Paluposo.id.

Sebagai rangkaian memeriahkan HUT Damkar ke-104 di Kota Palu, Sudaryano R Lamangkona menyebutkan akan digelar upacara dan uji keterampilan dalam penanganan, penanggulangan kebakaran dan penyelamatan korban.

Rencananya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan dalam bentuk simulasi dengan melibatkan beberapa OPD terkait lainnya.

Sebelum itu, upacara peringatan Damkar tingkat Provinsi Sulawesi Tengah lebih dulu dilaksanakan dan berpusat di Kabupaten Morowali pada tanggal 12 Marer hingga 13 Marer 2023.

“Setalah upacara peringatan HUT Damkar ke-104 secara nasional pada 1 Maret 2023 dilapangan Monas, Jakarta, secara berjenjang peringatan dan perayaan dilaksanakan di tingkat Provinsi yang rencananya dipusatkan di Kabupaten Morowali,” sebutnya.

Lebih lanjut, Sudaryano R Lamangkona menambahkan, pihaknya saat ini membutuhkan peningkatan sarana prasarana untuk mendukung pelayanan yang lebih cepat dalam situasi kedaruratan.

Selain itu, pembinaan disiplin bagi personil terus ditingkatkan untuk membentuk sikap yang baik dalam memberikan pelayanan.

Sementara untuk jumlah personel yang dimiliki Damkarmat Kota Palu saat ini, menurut Sudaryano R Lamangkona sudah dianggap cukup.

“Kecuali terdapat penambahan pos jaga di wilayah kecamatan,” bebernya.

Terkait peristiwa kebakaran yang sering terjadi, Sudaryano R Lamangkona mengatakan, pihaknya terus mengalakkan imbauan dan sosialisasi meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bahaya korsleting listrik.

“Untuk peristiwa kebakaran yang sering terjadi, dilaksanakan secara maksimal pada aspek penanggulangan dan digalakkan pula aspek pencegahan lewat himbauan dan sosialisasi,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Kota Palu Raih Adipura, Hadianto Rasyid: Ini Bukti Kerja Keras dan Komitmen Bersama

4 Maret 2024 - 09:04 WITA

50 Peserta Ikuti Tournament Body Contest 2024 di Parigi Moutong

3 Maret 2024 - 17:05 WITA

Wakili Bupati Parimo, Adrudin Nur Hadiri HUT ke-129 Kota Poso

3 Maret 2024 - 15:31 WITA

Kabar Baik! Kota Palu Raih Adipura untuk Kebersihan dan Pengelolaan Lingkungan

2 Maret 2024 - 23:00 WITA

TPA Poi Panda Kelurahan Kawatuna. Foto: Istimewa

Kota Palu Raih Peringkat 9 dalam Kompetisi Skill Petugas Damkar Tingkat Nasional

1 Maret 2024 - 21:27 WITA

Kelompok Remaja Serang Polisi di Palu, 1 Tewas

1 Maret 2024 - 13:28 WITA

Trending di News